%A 15430090 ADE SOPHIA SURYANI %O Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M., %T PENDEKATAN MULTISENSORI DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI KELOMPOK B5 TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA %X ABSTRAK Ade Sophia Suryani. 15430090. Pendekatan Multisensori dalam Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Kelompok B5 TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan multisensori dalam menstimulasi kemampuan literasi anak usia dini, mengetahui upaya guru dalam menstimulasi dan faktor pendukung serta penghambat apa saja yang ditemui dalam proses pembelajaran kelas B5 TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakil kurikulum, dan guru Kelas B5 di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data yang menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Selanjutnya untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1) Pendekatan multisensori di TK Islam Tunas Melati khususnya yang dipraktekkan guru di kelas untuk menstimulasi literasi anak usia dini, yaitu : membaca dengan keras dan banyak berbicara, menempelkan logo huruf di sekitar kelas, merancang literasi multisensori, bergembira dengan suara, mewarnai, menggambar, menulis dan membaca kembali. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran multisensori dalam menstimulasi kemampuan literasi anak kelas B5 dengan mengajak anak bicara atau mengobrol, membaca dongeng atau buku cerita, bermain peran Storyteller, bermain mengenali lingkungan, mengajukan pertanyaan terbuka, bernyanyi, dan menulis. 3) Faktor pendukung, yaitu: minat literasi anak, media pembelajaran, metode pengenalan literasi, kepala sekolah, guru, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu: faktor fisiologis, intelegensia (proses memperoleh pengetahuan), status sosial anak, jumlah anak dalam keluarga, jenis kelamin, dan keterlibatan orang tua. %K pendekatan multisensori, stimulasi, kemampuan literasi %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38526