%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhamat Iksan, 14480127 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:38537 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinera Guru %P 148 %T KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI GIRILOYO II IMOGIRI BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38537/ %X ABSTRAK Muhamat Iksan. 2019. Kepemimpinan Kepala Mdrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Giriloyo II Imogiri Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui bagaimana kepemiminan kepala madrasah dalam meningkatan kinerja guru yang ada di MI Giriloyo II. (2) untuk mengetahui bagaimana kinerja guru yang ada di MI Giriloyo II. (3) untuk mengetahui apa saja factor yang mempengaruhi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Giriloyo II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di MI Giriloyo berjalan cukup baik dan dinamis serta berhasil menumbuhkan budaya dan iklim kerja yang kondusif. Dengan pendekatan musyawarah dalam mencari solusi atas permasalahan yang ada. Kepala madrasah menjalankan kepemimpinannya dengan melaksanakan peran-peran kepala madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru berjalan dengan baik. Kepala madrasah memberikan ruang kepada bapak dan ibu guru untuk senantiasa meningkatkan kreatifitas dan inovasi. Dengan begitu maka kinerja guru juga akan meningkat. Selain itu kepala madrasah memberikan fasilitas berupa penggunaan teknologi dan informasi pendidikan. Beberapa factor yng mempengaruhi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatlan kinerja guru diantaranya adalah kepribadian kepala madrash, komunikasi kepala madrasah, profesionalisme kepala madrasah, kompetensi guru, sarana dan prasarana. %Z Dr. Ichsan, M.Pd.