eprintid: 38539 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/85/39 datestamp: 2020-10-02 01:52:10 lastmod: 2020-10-02 01:52:17 status_changed: 2020-10-02 01:52:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amy Silfi Firmawati, 15480017 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Tematik note: Izzatin Kamala, M.Pd., abstract: ABSTRAK Amy Silfi Firmawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III MI PUI Kepuh”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penlitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik. Kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu saat pembelajaran tematik yang memuat materi sains proses pembelajarannya lebih kepada bagaimana mentrasfer pengetahuan saja, kebanyakan siswa hanya mengingat dan menghafal konsep tanpa memahami konsep tersebut. Selain itu saat siswa melakukan percobaan, percobaan tersebut gagal dikarenakan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik, sehingga keterampilan proses sains belum tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, mengetahui besar pengaruh model pelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, dan untuk mengetahui kenaikan pada setiap aspek keterampilan proses sains siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Tematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis eksperimen. Bentuk desain dalam penelitian ini menggunakan pre eksperimental. Bentuk desain pre eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 24 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil pretest dan postest siswa, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang sudah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik, besar pengaruh model pelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Tematik yaitu sebesar 52.8%, dan terdapat kenaikan pada setiap aspek keterampilan proses sains siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Tematik. date: 2019-12-26 date_type: published pages: 212 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Amy Silfi Firmawati, 15480017 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III MI PUI KEPUH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38539/1/15480017_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38539/2/15480017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf