%0 Thesis %9 Skripsi %A Puji Rahayu, 15480034 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:38540 %I UIN Sunan Kalijaga %K Implementasi Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Tematik Terpadu , Hambatan Guru %P 190 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI PASIR MENDIT KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38540/ %X ABSTRAK Puji Rahayu, “Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Pemahaman Guru Tentang Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. (2) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. (3) Kendala Yang Ditemui Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pemahaman guru tentang pendekatan tematik di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. (2) Mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran tematik di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. (3) Mengetahui apa saja kendala yang ditemui guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di SD Negeri Pasir Mendit Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekkan keabsahan data dengan metode triangulasi yaitu sumber data dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pemahaman guru terhadap pembelajaran tematik terpadu : guru sudah memahami apa itu pembelajatan tematik, dilihat dari pelaksanaan pembelajarannya guru sudah menerapkan karakteristik pembelajaran tematik yaitu: pemusatan pada peserta didik, pemberian pengalaman langsung, pemisah antar matapelajaran yang tidak nampak, penyajian konsep dari berbagai matapelajaran, fleksibilitas, kesesuaian perkembangan hasil pembelajaran dengan minat dan kebutuhan peserta didik dan penggunaan prinsip belajar sambil bermain. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Pasir Mendit sudah terlaksana sebagaiamana semestinya hanya saja guru memang tidak terlalu terfokus pada RPP yang digunakan. Guru mengembangkan sendiri selama pembelajaran namun tetap berpatokan pada silabus dan RPP yang digunakan. Penilaiannya hanya pada penilaian hasil belajar dengan tes tulis. Masih belum terlihat menggunakan penilaian autentik. Hambatan guru dalam pelaksanaan Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu adalah pengelolaan kelas yang masih belum bisa kondusif, dilihat dari kelas I dikarenakan terdapat 1 peserta didik yang berkebutuhan khusus sehingga kelas terlampau kurang kondusif, kurangnya alat peraga yang mendukung proses pembelajaran dan di kelas III ditemukan beberapa peserta didik yang kurang memiliki sikap menghormati terhadap guru saat pembelajaran, serta kurangnya alat peraga/media pembelajaran. %Z Dr.Ichsan, M.Pd.