eprintid: 38546 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/85/46 datestamp: 2020-10-02 01:54:07 lastmod: 2020-10-02 01:54:13 status_changed: 2020-10-02 01:54:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ita Purnamasari, 15480087 title: PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Media puzzle, Aksara Jawa, Hasil Belajar note: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd. abstract: ABSTRAK Ita Purnamasari, “Pengaruh Media Puzzle Aksara Jawa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III Di MIN 8 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman peserta didik kelas III terkait dengan aksara Jawa, alokasi waktu 2 jam pelajaran setiap minggu untuk pelajaran bahasa Jawa, keunikan bentuk aksara Jawa yang memerlukan kejelian dalam memahaminya, metode ceramah masih mendominasi pembelajran serta belum digunakan media pembelajaran dalam pelajaran bahasa Jawa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh media Puzzle aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Jawa kelas III di MIN 8 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain eksperimen dalam penelitian ini dengan menggunakan desain pre experimental . Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian pre experimental ini yaitu one grup pretest-posttest. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara tidak tersetruktur, dokumentasi, dan tes berupa pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik parametrik yaitu paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh penggunaan medi puzzle aksara Jawa terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas III di MIN 8 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Terbukti dari hasil perhitungan Uji paired sample T-test dengan nilai t hitung (sig.2-tailed) = 0,000< 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. date: 2019-12-20 date_type: published pages: 165 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ita Purnamasari, 15480087 (2019) PENGARUH MEDIA PUZZLE AKSARA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III C DI MIN 8 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38546/1/15480087_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38546/2/15480087_BAB%20II_S.D_BAB%20IV.pdf