TY - THES N1 - Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd ID - digilib38550 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38550/ A1 - NOVIA AMALIYATUL ULYA, 15480108 Y1 - 2019/12/20/ N2 - ABSTRAK Novia Amaliyatul Ulya, ?Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di MI Ma?had Islamy Kotagede Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi karena rata-rata perpustakaan sekolah di Indonesia khususnya perpustakaan sekolah dasar masih banyak mengalami kendala sehingga masih kurang pengelolaan bahkan tidak terawat dan terabaikan. Dalam dunia pendidikan, perpustakaan menjadi ?jantung? bagi sebuah sekolah. Seperti fungsi jantung dalam tubuh, perpustakaan sangat menentukan sehat tidaknya sistem pendidikan sekolah. Salah satu faktor penyebab buruknya kualitas pendidikan di tanah air adalah karena tidak menjadikannya perpustakaan sebagai jantungnya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma?had Islamy Kotagede Yogyakarta 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma?had Islamy Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, petugas perpustakaan, guru, serta siswa MI Ma?had Islamy. Pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan proses analisa data tersebut dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma?had Islamy Kotagede sudah mempunyai tiga fungsi dari lima fungsi perpustakaan diantaranya fungsi edukatif, fungsi informatif, dan fungsi rekreasi. Sedangkan fungsi yang belum ada yaitu fungsi kultural dan fungsi fungsi riset. 2) Hambatan yang dihadapi yaitu ruang perpustakaan kurang layak, koleksi buku masih kurang, minimnya dana untuk operasional perpustakaan, minat baca siswa yang kurang, terbatasnya petugas khusus perpustakaan. Sedangkan solusi yang bisa dilakukan yaitu a) Adanya penerangan atau cahaya yang cukup, pemilihan warna cat yang cocok dan tepat, mempertimbangkan ventilasi, penataan meja dan kursi dan penataan ruang kerja petugas b) Dengan pembelian, hadiah atau sumbangan, tukar-menukar, pinjaman, memfotokopi, mengutip dan membuat kliping c) Dengan memperkenalkan bukubuku pada murid, memperkenalkan riwayat hidup tokoh-tokoh, memperkenalkan hasil karya sastrawan, kerjasama dengan orangtua murid, dan membuat jam/hari wajib belajar di perpustakaan d) Setiap perpustakaan harus membuat dan mempunyai rencana anggaran dan mengajukannya e) Mengadakan pembinaan kepada petugas perpustakaan. Kata Kunci: Perpustakaan, sumber belajar PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Perpustakaan KW - sumber belajar M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI MA?HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA AV - restricted EP - 174 ER -