relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38553/ title: PERILAKU SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN SOSROWIJAYAN WETAN (Studi Kasus di Lingkungan Sekitar Lokalisasi Pasar Kembang Sosrowijayan Yogyakarta) creator: Ira Agus Sofiana, 17204080054 subject: Akhlak - Etika subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Ira Agus Sofiana. Nim 17203080054. Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Sosrowijayan Wetan (Studi Kasus di Lingkungan Sekitar Lokalisasi Pasar Kembang Sosrowijayan Yogyakarta). Tesis. Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini difokuskan di lingkungan sekitar lokalisasi Pasar Kembang yang merupakan lokalisai prostitusi di Yogyakarta. Adapun tiga rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku sosial anak usia sekolah dasar di Lingkungan Sosrowijayan Wetan.(2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial anak usia sekolah dasar di Lingkungan Sosrowijayan Wetan. (3) Bagaimana dampak lingkungan sekitar lokalisasi terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriktif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar di lingkungan sekitar lokalisasi Pasar Kembang Sosrowijayan Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik serta trianggulasi waktu. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa bentuk-bentuk perilaku sosial anak usia sekolah dasar dapat di lihat dari sikap pembangkangan, agresi, menggoda, persaingan, kerjasama, tingkah laku berkuasa, mementingkan diri sendiri, dan simpati. Faktor-faktor penyebab perilaku sosial anak usia sekolah dasar dapat pengaruhi oleh beberapa aspek yaitu; (1)Aspek keluarga meliputi; konsisten dalam mendidik anak, sikap orang tua dalam keluarga, penghayatan orang tua akan agama dan sikap orang tua dalam mendisiplinkan anak, (2)Aspek budaya meliputi; interaksi sosial dan budaya, (3)Aspek lingkungan sekolah meliputi; kurikulum tersembunyi dan budi pekerti. Dan dampak lingkungan lokalisasi terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar meliputi; (1)Di lingkungan masyarakat menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat yang memiliki anak sekolah akan terpengaruh dan meniru perilaku-perilaku sosial yang negatif, (2)Di lingkungan keluarga tidak memperlihatkan perilaku yang menyimpang, namun pada saat bermain dengan teman sebaya peneliti melihat anak-anak berkata kasar, (3) Di lingkungan sekolah tidak ada dampak yang negatif, seperti berkelahi atau bertengkar dengan teman di kelas atau bertutur kata kurang sopan. date: 2019-12-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38553/1/17204080054_BAB%201_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38553/2/17204080054_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf identifier: Ira Agus Sofiana, 17204080054 (2019) PERILAKU SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN SOSROWIJAYAN WETAN (Studi Kasus di Lingkungan Sekitar Lokalisasi Pasar Kembang Sosrowijayan Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.