TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Suhardi, MP.d ID - digilib3856 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3856/ A1 - ARIF RAHMAN HAKIM - NIM. 04451068, Y1 - 2010/02/23/ N2 - Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP PIRI Ngaglik tahun ajaran 2008/2009. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa untuk data motivasi belajar dan lembar soal pre-test dan post test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data untuk motivasi siswa belajar biologi menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II, sedangkan untuk data prestasi yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan dan II, yang dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post-test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) pada materi pokok Pengaruh Manusia di Dalam Ekosistem dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMP PIRI Ngaglik. Dari lembar angket motivasi yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa hampir semua indikator mengalami peningkatan. Akan tetapi ada salah satu indikator yang mengalami penurunan yaitu pada indikator berusaha dan bekerja sebaik-baiknya mengalami penurunan 7 %, hal ini mungkin siswa masih belum terbiasa dengan menggunakan metode Guided Discovery (Penemuan Terbimbing), siswa lebih terbiasa dengan metode ceramah. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,929. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Guided Discovery KW - motivasi KW - prestasi belajar KW - SMP PIRI Ngaglik. M1 - skripsi TI - UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) PADA MATERI POKOK PENGARUH MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII-D SMP PIRI NGAGLIK TAHUN AJARAN 2008/2009 AV - restricted ER -