eprintid: 3857 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/57 datestamp: 2012-08-30 15:42:50 lastmod: 2017-03-17 06:58:49 status_changed: 2012-05-04 16:45:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SYAHRIL AL-ROSYID - NIM. 02471279, title: KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: pendidikan Islam, peningkatan kecerdasan emosional note: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa betapa pentingnya konsep pendidikan Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional untuk menentukan keberhasilan seseorang dalam kehidupan. Oleh karena itu perumusan strategi penerapan kecerdasan emosional dilakukan dalam sistem pendidikan Islam dengan tujuan utama untuk menumbuhkan kecerdasan emosional anak didik yang dalam pendidikan Islam adalah ditandai dengan lahirnya akhlak al-karimah. Skripsi ini bersifat kajian kepustakaan (Library Reseach) dengan diserta dengan kenyataan lapangan yang berdasarkan pada pengetahuan dan wacana yang berkembang selama ini, terutama yang berkaitan dengan kecerdasan emosi. Sementara pendekatan yang di pakai dalam skripsi ini adalah dengan metode Content Analisys Hermeunetic, yaitu jenis metode analisa yang menekankan pada penelaahan atas isi kandungan teks berdasarkan penafsiran. Adapaun metode analisa data yang penyusun pakai adalah metode deduktif dan induktif. Metode deduktif digunakan sebagai alat menganalisa data yang bersifat khusus, yang mempunyai unsur kesamaan, kemudian penyusun melakukan generalisasi menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Sedangkan metode induktif di gunakan sebagai alat atau cara untuk menarik kesimpulan, yaitu berangkat dari pengetahuan yang bersifat umum, kemudian ditarik ke amp;#8212;kesimpulan yang bersifat khusus. Yakni menganalisa data dari mulai pengertian emosi, kecerdasan emosi, serta bagaimana pendidikan Islam seharusnya mampu berperan untuk ikut mengembangkanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam penyelenggaraan proses pendidikan sebagai upaya mengembangkan potensi dasar peserta didik dalam mengemban tugas khalifah agar berani dan mampu memecahkan masalah-masalah kehidupannya, serta berkemauan dan berkemampuan untuk meningkatkan kapasitas dirinya sebagai manusia. Peran orang tua, sekolah, dan masyarakat dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan pola berfikir anak yaitu dengan memberikan arahan, bimbingan dan motivasi untuk mengembangkan bakatnya, diantaranya adalah dengan menyediakan lingkungan pendidikan yang kondusif. date: 2010-02-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-23 10:09:54 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--syahrilalr-3627-1-syahril-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/73/digilib-uinsuka--syahrilalr-3627-1-syahril-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4042 ; nama file lama : SYAHRIL AL-ROSYID 02471279 KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1181765 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SYAHRIL AL-ROSYID - NIM. 02471279, (2010) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3857/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3857/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf