%0 Thesis %9 Skripsi %A WIDIYAH NINGSIH - NIM. 05410038, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:3862 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K implementasi KTSP mata pelajaran fikih, aplikasikan kurikulum %T IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs ASY-SYAFIIYYAH JATIBARANG BREBES %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3862/ %X Latar belakang penelitian ini adalah implementasi KTSP dalam mata pelajaran fikih di kelas IX yang dilakukan oleh MTs Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes berkaitan dengan kesiapan warga madrasah untuk mengaplikasikan kurikulum tersebut, sebagaimana penulis ketahui kurikulum tingkat satuan pendidikan diberikan secara global sehingga perlu usaha madrasah sendiri untuk mengembangkan sesuai dengan keadaan dan kemampuan madrasah yang ada. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada mata pelajaran fikih yang dilakukan oleh MTs Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes serta bagaimana kesiapan madrasah yaitu kapala madrasah, guru, dan siswanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan implementasi kurikulum mata pelajaran fiqih di madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Asy-Syafi'iyyah Jatibarang Brebes. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan tringulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kesiapan madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan dapat dikatakan sudah maksimal, baik dari kepala sekolah dan guru. (2) Implementasi KTSP dalam pembelajaran Fikih Kelas IX, guru mata pelajaran mempersiapkan persiapan pengajaran, pelaksanaan pengajaran dan aspek-aspek yang akan dikembangkan, dalam hal ini guru sudah berusaha semaksimal mungkin agar pembelajaran yang dilakukan dapat sesuai dengan kurkulum tingkat satuan pendidikan baik dari segi program tahunan, program semester, silabus, dan RPP yang mana penyusunannya memperhatikan dari sarana dan prasarana yang menunjang walaupun masih ada kesalahan dalam penyusunan RPP karena alokasi waktu yang terlalu banyak sehingga menjadi tidak efektif dan efisen. (3) pengembangan aspek hasil belajar yang dilakukan guru dalam pembelajaran Fikih masih menekankan pada kognitif dan psikomotorik karena dianggap paling utama untuk dikuasai oleh siswa dalam mengamalkan ibadah. %Z Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si