TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si ID - digilib3863 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3863/ A1 - YAN SUSILO K - NIM. 02411038 , Y1 - 2010/02/23/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan pendidikan Islam yang masih mengadopsi pada prinsip-prinsip pelaksanaan yang konvensional. Penelitian ini menjelaskan mengenai pendekatan belajar menurut aliran Psikologi Humanistik dalam Pendidikan Islam, serta relevansinya terhadap praktik pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi baru dalam kerangka mengembangkan pendekatan pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur, dan merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengacu pada sumber-sumber (buku-buku) utama atau primer yaitu Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, karya Frank Goble, Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan, karya Helen Grahamm yang berjudul Psikologi Humanistik: Dalam Kontek sosial, Budaya, dan Sejarah, serta karya Burhanuddin, serta buku-buku lainnya sebagai sumber data sekunder seperti Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan karya Hamzah B Uno, Psikologi Pendidikan karya Tim Penulis Buku Psikologi Pendidikan, dan sumber-sumber data lain yang mempunyai keterkaitan dengan pembahasan tersebut sebagai sumber tambahan. Adapun langkah analisis data penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah seperti interpretasi, induksideduksi, holistika, deskripsi-kualitatif. Hasil penelitian ternyata ditemukan bahwa dalam teori Psikologi Humanistik menekankan pada aspek-aspek yang dimiliki oleh manusia pada umumnya seperti potensi, kemauan, serta naluri keinginan-keinginan (kebutuhankebutuhan) manusia yang menjadi motif dalam setiap perilakunya ini dijadikan sebagai landasan dasar bagi pendekatan belajar. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan humanistik merupakan pendekatan yang baik karena mempertimbangkan aspek potensi pada diri manusia secara keseluruhan, dan pendekatan ini mempunyai relevansi dengan pendekatan pendidikan Islam. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan belajar Psikologi Humanistik merupakan pendekatan yang relevan dan sesuai untuk dilakukan sehingga dapat dijadikan landasan pendekatan dalam kerangka mengembangkan pendidikan Islam. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Psikologi Humanistik KW - pendidikan Islam M1 - skripsi TI - PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DALAM ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -