<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis)"^^ . "Diskriminasi agama merupakan problem sosial kemanusiaan yang dapat\r\nmenghambat upaya merawat kerukunan antarumat beragama dan potensial\r\nmenjadi penyebab terjadinya konflik. Selain bertentangan dengan prinsip HAM,\r\ndiskriminasi juga tidak selaras dengan Islam yang raḥmah fī al-„ālamīn. Beberapa\r\npenelitian menyebutkan bahwa salah satu faktor terjadinya diskriminasi,\r\nintoleransi, bahkan radikalisme agama, adalah kekeliruan dalam memahami teksteks\r\nkeagamaan. Kasus penistaan agama oleh Ahok pada 2016 lalu, misalnya,\r\ndiawali dari tindakan diskriminasi yang lahir dari pemahaman QS. Al-Mā‘idah\r\n[5]: 51 tentang larangan memilih pemimpin non-muslim. Selain al-Qur‘an,\r\ndiskriminasi agama juga acap kali lahir dari pemahaman tekstual atas hadis-hadis\r\nNabi. Oleh karena itu, penulis mengajukan beberapa pertanyaan: (1) apakah\r\nhakikat diskriminasi agama dalam hadis? (2) bagaimanakah bentuk-bentuk\r\ndiskriminasi agama dalam hadis dan para ulama mensyarahi hadis-hadis tersebut?\r\nDan (3) bagaimanakah reinterpretasi hadis-hadis tersebut dan implikasinya\r\nterhadap kerukunan umat beragama? Dengan demikian, maka obyek material\r\npenelitian ini adalah hadis-hadis Nabi yang secara lahiriah bernuansa diskriminatif\r\nterhadap umat agama lain, sedangkan obyek formalnya adalah teori fungsi\r\ninterpretasi Jorge J.E. Gracia, yang terbagi kepada tiga fungsi yaitu fungsi historis,\r\nfungsi makna, dan fungsi implikasi.\r\nDiskriminasi agama dalam hadis maksudnya adalah teks-teks hadis yang\r\nsecara lahiriah mengindikasikan adanya perlakuan tidak adil dan membedabedakan\r\nantara umat Islam dan umat agama lain di mana seharusnya setiap umat\r\nagama mendapatkan keadilan dan hak yang sama di mata sosial. Di antara\r\nhadisnya adalah (1) larangan mengucap salam kepada non-muslim; (2) mengusir\r\nnon-muslim dari tanah Arab; dan (3) larangan bersahabat dengan selain orang\r\nIslam. Para ulama terdahulu mensyarahi hadis-hadis ini cenderung tekstual dan\r\nmemandangnya sebagai syariat Islam tentang bagaimana seharusnya berinteraksi\r\ndengan setiap non-muslim. Namun, dengan analisis fungsi interpretasi Gracia,\r\npenulis menemukan bahwa larangan salam dan pengusiran pada kedua hadis\r\ntersebut tidak dialamatkan kepada seluruh non-muslim tetapi non-muslim tertentu\r\nsaja, misalnya kepada non-muslim yang suka menghina Islam dan melanggar\r\nkomitmen menjaga kerukunan umat beragama. Pada dasarnya salam mengandung\r\ndimensi budaya sehingga dapat menjadi mediator dalam menjalin komunikasi\r\nyang baik antarumat beragama. Sedangkan pada hadis pengusiran terdapat\r\ndimensi politik, di mana Nabi menyampaikannya berperan sebagai kepala negara\r\nsehingga melahirkan kebijakan atau strategi untuk menjaga stabilitas negara dari\r\npengkhianatan dan pemberontakan. Sementara hadis terakhir, yaitu larangan\r\nberteman dengan non-muslim, penulis temukan bahwa hadis ini mengandung\r\nmagzā etika dalam berteman dan memilih teman. Dalam sebuah pertemanan yang\r\npaling penting adalah kejujuran, kepercayaan, rasa aman dan ketenangan, bukan\r\nidentitas atau latar belakang keagamaan. Dengan demikian, hadis-hadis yang\r\nsecara tekstual bernuansa diskriminatif atau berpola negatif lainnya mesti\r\ndipahami secara kontekstual karena hadis-hadis tersebut pada umumnya bersifat\r\nkasuistik."^^ . "2019-12-16" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 17205010060"^^ . "Muhammad Syachrofi"^^ . "NIM: 17205010060 Muhammad Syachrofi"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Text)"^^ . . . . . "17205010060_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Text)"^^ . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA\r\n(Kajian Hermeneutika Hadis) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #38634 \n\nHADIS-HADIS DISKRIMINASI AGAMA \nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERUKUNAN UMAT BERAGAMA \n(Kajian Hermeneutika Hadis)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Hadits" . .