%A ZUHRIADI - NIM. 04410660 %O Pembimbing: Hj. Afiyah. AS., M.Si. %T KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MURTADHA MUTHAHHARI %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya pendidikan menurut Murtadha Muthahhari secara teoritik, praksis, maupun filosofis tentunya dapat dan mampu menjadi sebuah instrument bagi upaya penegakan moralitas, namun dalam kenyataannya, perilaku yang tidak bermoral sering terjadi. Tentunya pendidikan akhlak sebagaimana yang diutarakan Muthahhari harus mempunyai peran dalam membentuk peserta didik yang berakhlak mulia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan akhlak Murtadha Muthahhari serta bagaimana relevansinya dalam pendidikan akhlak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta mendapatkan data dan fakta yang sahih mengenai pokok-pokok konsep pendidikan akhlak menurut Murtadha Muthahhari, sehingga dapat menjawab permasalahan akhlak secara memuaskan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangsih dalam pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian perpustakaan (library research), dimaksud untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan menentukan tindakan yang akan diambil dalam kegiatan ilmiah. Dalam penelitian ini data diolah dan digali dari pelbagai buku, surat kabar, majalah dan beberapa tulisan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Tujuan pendidikan akhlak Murtadha Muthahhari adalah usaha menanamkan, membimbing anak didik berakhlak mulia serta memaksimalkan potensi (fitrah) anak didik, kedua, Materi dalam pendidikan akhlak Muthahhari adalah Tauhid. Penanaman nilai-nilai ketauhidan ini bertujuan memantapkan hati anak didik dengan keimanan, dan selau berusaha mengikatnya dengan keimanan, dengan tujuan anak tersebut akan tumbuh di atas keyakinan akan engawasan Allah, serta ketiga, Metode pembelajaran. Seperti: Metode At-Targhiba at-Tarhib. Metode ini merupakan upaya menggugah dan mendidik perasaan rabbaniyah peserta didik, seperti perasaan khauf kepada Allah, dan perasaan cinta kepada sesama. Metode Pengamalan dan Pelatihan. Metode pengamalan dan latihan ini diharapkan dapat menggugah akhlak pada siswa sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang lebih istiqamah dan bahagia, Metode hiwar. Metode ini digunakan dalam rangka mengembangkan potensi berfikir kritis dan kreatif sebagaimana tujuan dari pendidikan akhlak Murtadha Muthahhari, serta Metode keteladanan. Metode ini merupakan salah satu sarana dalam pembentukan kepribadian dengan contoh tauladan yang baik. Dengan metode pendidikan ini diharapkan akan mencapai tujuan yang dicita-citakan. %K pendidikan akhlak Murtadha Muthahhari %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3864