@phdthesis{digilib3868, month = {February}, title = {PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VCD TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTsN BANTUL KOTA TAHUN AJARAN 2008/2009}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SITI UMAMI - NIM. 05410156}, year = {2010}, note = {Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.}, keywords = {Media pembelajaran VCD, pelajaran fiqih materi shalat jamaah }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3868/}, abstract = {Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran VCD adalah tawaran untuk meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa kelas VII MTsN Bantul Kota, khususnya dalam pelajaran fiqih materi shalat jamaah. Maka, tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui deskripsi penerapan media pembelajaran VCD dalam pembelajaran fiqih materi shalat jamaah, (2) menguji perbedaan prestasi belajar siswa materi shalat jamaah antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang menerapkan media pembelajaran VCD materi shalat jamaah di kelas VII MTsN Bantul Kota tahun ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 211 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIIC sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen (dengan menggunakan media pembelajaran VCD) dan kelas VIIE sebanyak 34 siswa sebagai kelompok kontrol (tanpa menggunakan media pembelajaran VCD). Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 13.0. uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment Karl Pearson dan uji reliabilitas dengan KR20, sedangkan uji instrument angket menggunakan uji validitas dengan korelasi product moment Karl Pearson dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Chi Kuadrat, dan homogenitas varians dengan rumus uji F. Analisis datanya adalah uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media pembelajaran VCD materi shalat jamaah dapat dilaksanakan dengan baik. (2) terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Setelah dilakukan uji t, didapatkan t hitung sebesar 2,126 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5\% sebesar 1,697. Kesimpulannya to tt yaitu 2,126 1,697 yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan. Hal ini berarti penggunaan media pembelajaran VCD dalam pembelajaran fiqih materi shalat jamaah membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester II tahun ajaran 2008/2009 di MTsN Bantul Kota. } }