eprintid: 38712 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/87/12 datestamp: 2020-10-21 06:30:11 lastmod: 2020-10-21 06:30:19 status_changed: 2020-10-21 06:30:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURHASANAH, NIM : 17204010055 title: MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURA ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Hubungan Masyarat, Pemasaran Jasa Pendidikan note: Dr. Subiyantoro, M.Ag. abstract: Tingginya persaingan dalam dunia pendidikan menuntut sebuah lembaga harus memiliki manajemen hubungan masyarakat (Humas) yang mapan, karena Humas sangatlah urgent. Humas berperan penting dalam menyampaikan informasi dari dan untuk masyarakat, serta maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan. Humas mendukung dan menunjang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan publikasi lembaga dan mengkoordinir semua pihak yang terlibat dalam proses pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah strategis manajemen humas di SMK N 3 Jayapura serta peran humas dalam meningkatkan pemasaran jasa pendidikan di SMK N 3 jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara mendalam dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Milles dan Huberman, yaitu analisis model interaktif: data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menjalankan programnya hubungan masyarakat (Humas) SMK N 3 Jayapura menggunakan beberapa langkah dan strategi melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam menyusun perencanaan program kerja Humas SMK N 3 Jayapura ternyata belum berjalan maksimal. Beberapa faktor penyebabnya: 1) tidak adanya tujuan atau pencapaian setiap program kegiatan, 2) sumber daya keuangan yang masih minim, 3) tidak adanya ketentuan standar dan perangkat evaluasi, 4) tidak adanya strategi pemecahan masalah. Dalam meningkatkan pemasaran jasa pendidikan, Humas SMK N 3 Jayapura melakukan beberapa strategi untuk menarik minat masyarakat atau calon siswa. Strategi yang dilakukan adalah melalui bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas 7P, yaitu product (produk) yaitu jasa yang ditawarkan, price (harga), yaitu strategi penetapan harga, place (lokasi/tempat) yaitu tempat jasa ini diberikan, promotion (promosi), yaitu tatakelola promosi yang dilakukan melalui pemasangan baliho, WA, Website, Instagram, kunjungan secara langsung ke sekolah-sekolah SMP/MTs, dan mengundang masyarakat untuk hadir dalam acara pameran hasil karya siswa, tutp tahun, pembagian raport dan lain-lainnya, people (SDM) yaitu kualitas, kualifikasi, dan kompetensi yang dimiliki oleh orang yang terlibat dalam pemberian jasa, physical evidence (bukti fisik) yaitu sarana dan prasarana seperti apa yang dimiliki, dan process (proses) yaitu manajemen layanan pembelajaran seperti apa yang diberikan. Humas juga melakukan program promosi melalui sosialisasi lembaga baik dengan presentasi maupun penguatan di website lembaga. date: 2019-11-25 date_type: published pages: 221 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: NURHASANAH, NIM : 17204010055 (2019) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK N 3 JAYAPURA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38712/1/17204010055_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38712/2/17204010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf