%A NIM : 17204010102 GITA KARUNIA WISTY %O Dr. Suyadi, M.A. %T IMPLEMENTASI KURIKULUM MBS (Muhammadiyah Boarding School) DAN ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL %X SMA Muhammadiyah 1 Bantul memiliki program Muhammadiyah Boarding School (MBS) yang telah terdaftar sebagai pondok pesantren. Pesantren biasanya hanya mengajarkan ilmu dengan mata pelajaran kitab yang ditulis dalam bahasa Arab. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran MBS harus didesain dan dikembangkan dari kurikulum PAI agar sesuai untuk di terapkan di MBS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kurikulum MBS diletakkan pada jam Ismuba guna mengganti materi Ismuba dengan materi pondok pesantren yang ada di MBS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi kurikulum MBS dan Ismuba di SMA Muhammadiyah 1 Bantul berfokus pada materi pelajaran yang diajarkan dalam kelas. Kelebihan dari implementasi kurikulum ini siswa MBS mendapatkan materi yang seharusnya mereka dapatkan jika bersekolah di pondok pesantren. Kekurangan dari implementasi ini adalah cenderung terburu-buru dan tidak siap juga berdampak pada perbedaan pemahaman antara siswa MBS dan regular. %K Impelementasi Kurikulum, Kurikulum PAI, Muhammadiyah Boarding School %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38716