%A NIM: 17204010111 Mukhsin, S. Pd %O Dr. Hj. Na’imah, M.Hum %T MANAJEMEN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI NANGGULAN YOGYAKARTA %X Adapun latar belakang penelitian ini adalah: manajemen guru pendidikan agama Islam, yang ada di SD Negeri Nanggulan bisa dikatakan baik, karena perencanaan yang dilakukan seperti adanya perangkat pembelajaran, menyiapkan LCD, KIT pembelajaran PAI, penentuan materi, metode, strategi, pemutaran film pendek yang berdurasi 10 menit terkait materi pelajaran sehingga berdampak kepada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru kelas dan siswa/siswi SD Negeri Nanggulan Yogyakarta, sedangkan obyek penelitian ini adalah manajemen guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kompetensi siswa. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah kualitatif diskriftif. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan pendekatan manajemen guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas 5 di SD Negeri Nanggulan Yogyakarta yaitu: a). perencanaannya sebagai acuan/pedoman guru ketika mengajar, b) organizing/pengorganisasian Tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, skala proritas, c) actuating/menggerakkan untuk memotivasi dan mengarahkan. d) controlling/pengawasan untuk Menghentikan atau meniadakan kesalahan. e) evaluating/evaluasi untuk mengetahui pencapain siswa. (2) Manajemen Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Nanggulan seperti: a) menyiapkan perangkat pembelajaran, mengembangkan materi pelajaran, dan ber’doa bersama. b) mengkondisikan kelas dan penggunanaan media. c) memberikan reward, motivasi, bimbingan dan penggunaan metode. d) memantau jalannya diskusi dan kerjasama anatara warga sekolah. e) penilaian berupa proses dan hasil belajar. (3) Dampak positif manajemen guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Nanggulan Yogyakarta seperti: a) segi kognitif, siswa mampu menjelaskan isi maateri kecuali materi Ikhlas seperti sulit membahasakan pengertiannya. b) segi afektif, siswa mampu bersikap tentang materi Q.S. Al-Ma’un, jujur, puasa ramadhan, kisah teladan Abu Bakar dan Umar Bin Khattab, hidup sederhana dan ikhlas c) siswa mampu mempraktikkan materi Q.S. Al-Ma’un, jujur, puasa ramadhan, kisah teladan, hidup sederhana dan ikhlas. %K Manajemen, guru, kompetensi. %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38717