<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan\r\nAgama Islam di sekolah selama ini yang cenderung\r\nterfokus pada pengetahuan dan kurang memperhatikan\r\npengembangan karakter religius. Hal ini membuat peserta\r\ndidik kurang memiliki kesadaran beragama dalam\r\nkehidupan karena hanya ditekankan untuk memahami\r\npengetahuan agama. Padahal kurikulum Pendidikan\r\nAgama Islam seharusnya dapat menjadi sarana utama\r\nuntuk mengembangkan karakter. Maka, sekolah perlu\r\nmengambangakan kurikulum Pendidikan Agama Islamnya\r\ndengan berorientasi pada pengembangan karakter, salah\r\nsatunya karakter religius. Pada penelitian ini, penulis\r\nmelakukan kajian terhadap Kurikulum Al-Islam,\r\nKemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) dan\r\npengembangannya di sekolah. Penelitian ini merupakan\r\npenelitian lapangan yang menggunakan jenis penelitian\r\ndeskriptif-kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu kepala\r\nsekolah, guru dan peserta didik SMP Muhammadiyah 3\r\nDepok. Metode pengumpulan datanya menggunakan\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Proses\r\npengembangan kurikulum Ismuba beroriantasi karakter\r\nreligius di SMP Muhammadiyah 3 Depok dilaksanakan\r\nmelalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.\r\nPerencanaan meliputi dasar pemikiran dan sumber ide,\r\nprinsip-prinsip, landasan, tujuan, dan prosedur yang\r\nbersumber dari pendidikan Nasional, pendidikan\r\nMuhammadiyah, dan visi misi sekolah. Pelaksanaan\r\npengembagan kurikulum Ismuba di SMP Muhammadiyah\r\n3 Depok dilaksanakan melalui program pembelajaran dan\r\nnon pembelajaran (program keagamaan), meliputi: shalat\r\njamaah, kultum, tadarus, BTHQ, keputrian, AksiMu,\r\nPHBI, pesantren Ramadhan, pengajian kelas, dauroh\r\nIslam, dan infaq. Adapun evaluasi dilakukan oleh\r\nstakeholder yang meliputi sekolah, pemerintah, dan\r\nmasyarakat. Evaluasi dilakukan melalui forum resmi dan\r\ntidak resmi untuk mengetahui hasil dan efektifitas dari\r\nprogram yang telah dijalankan. Faktor pendukung dalam\r\npengembangann kurikulum Ismuba beroriantasi karakter\r\nreligius di SMP Muhammadiyah 3 Depok, yaitu: guru\r\nyang kompeten, anggaran, dan fasilitas sekolah yang\r\nmemadai. Adapun faktor penghambatnya adalah\r\npemantauan orang tua di luar sekolah yang belum\r\nsepenuhnya maksimal dan belum adanya instrumen\r\nmonitoring akhlak peserta didik; (2) Dampak dari\r\npengembangan Kurikulum Ismuba berorientasi karakter\r\nreligius terhadap karakter religius peserta didik SMP\r\nMuhammadiyah 3 Depok yaitu: peserta didik memiliki\r\nkomitmen dalam melaksanakan ajaran agama, semangat\r\ndalam belajar agama, aktif dalam kegiatan keagamaan,\r\nmenghargai simbol-simbol agama, mencintai al-Qur‟an,\r\nserta senantiasa berdoa dan bersyukur."^^ . "2019-12-09" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM 17204010164"^^ . "Muhammad Irfandi Rahman"^^ . "NIM 17204010164 Muhammad Irfandi Rahman"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Text)"^^ . . . . . "17204010164_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM,\r\nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA\r\nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI\r\nKARAKTER RELIGIUS DI\r\nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #38728 \n\nPENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM, \nKEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA \nARAB (ISMUBA) BERORIENTASI \nKARAKTER RELIGIUS DI \nSMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum" . .