TY - THES N1 - Dr. H. Sumedi, M.Ag ID - digilib38728 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38728/ A1 - Muhammad Irfandi Rahman, NIM 17204010164 Y1 - 2019/12/09/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Agama Islam di sekolah selama ini yang cenderung terfokus pada pengetahuan dan kurang memperhatikan pengembangan karakter religius. Hal ini membuat peserta didik kurang memiliki kesadaran beragama dalam kehidupan karena hanya ditekankan untuk memahami pengetahuan agama. Padahal kurikulum Pendidikan Agama Islam seharusnya dapat menjadi sarana utama untuk mengembangkan karakter. Maka, sekolah perlu mengambangakan kurikulum Pendidikan Agama Islamnya dengan berorientasi pada pengembangan karakter, salah satunya karakter religius. Pada penelitian ini, penulis melakukan kajian terhadap Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) dan pengembangannya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Depok. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pengembangan kurikulum Ismuba beroriantasi karakter religius di SMP Muhammadiyah 3 Depok dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan meliputi dasar pemikiran dan sumber ide, prinsip-prinsip, landasan, tujuan, dan prosedur yang bersumber dari pendidikan Nasional, pendidikan Muhammadiyah, dan visi misi sekolah. Pelaksanaan pengembagan kurikulum Ismuba di SMP Muhammadiyah 3 Depok dilaksanakan melalui program pembelajaran dan non pembelajaran (program keagamaan), meliputi: shalat jamaah, kultum, tadarus, BTHQ, keputrian, AksiMu, PHBI, pesantren Ramadhan, pengajian kelas, dauroh Islam, dan infaq. Adapun evaluasi dilakukan oleh stakeholder yang meliputi sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Evaluasi dilakukan melalui forum resmi dan tidak resmi untuk mengetahui hasil dan efektifitas dari program yang telah dijalankan. Faktor pendukung dalam pengembangann kurikulum Ismuba beroriantasi karakter religius di SMP Muhammadiyah 3 Depok, yaitu: guru yang kompeten, anggaran, dan fasilitas sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah pemantauan orang tua di luar sekolah yang belum sepenuhnya maksimal dan belum adanya instrumen monitoring akhlak peserta didik; (2) Dampak dari pengembangan Kurikulum Ismuba berorientasi karakter religius terhadap karakter religius peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Depok yaitu: peserta didik memiliki komitmen dalam melaksanakan ajaran agama, semangat dalam belajar agama, aktif dalam kegiatan keagamaan, menghargai simbol-simbol agama, mencintai al-Qur?an, serta senantiasa berdoa dan bersyukur. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Pengembangan Kurikulum KW - Ismuba KW - Karakter Religius M1 - masters TI - PENGEMBANGAN KURIKULUM AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) BERORIENTASI KARAKTER RELIGIUS DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK AV - restricted EP - 279 ER -