%A NIM : 17204010172 FATKHUL WAHAB %O Dr. H Suyadi M.A %T PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA %X Pendidikan di Indonesia pada saat ini dinilai masih kurang berhasil dalam membangun karakter peserta didik menjadi seseorang yang religius. Untuk itu, di Indonesia mulai banyak instansi pendidikan yang menerapkan sistem boarding school. Salah satunya adalah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, sebagai sarana agar dapat membentuk siswa yang berkarakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pembinaan karakter religius siswa melalui program boarding school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta (2) Implikasi dari pembinaan karakter religius siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang telah diperoleh menggunakan triangulasi data. Pengolahan dan analisis data dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan : (1) Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Program Boarding School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta meliputi : (a) Perencanaan dengan penentuan tujuan, penentuan sumber daya manusia (SDM), perencanaan program, cara mencapai tujuan yang telah ditentukan. (b) Pelaksanaan Pembinaan Karakter Religius Siswa dengan mengadakan program peningkatan pembiasaan ibadah, mengadakan program Tahajjud/Qiyamullail, mengadakan program shalat dhuha, mengadakan program tahfidz, mengadakan lomba karakter shaleh. Metode yang digunakan dalam pembinaan adalah dengan pendekatan dan pembiasaan, contoh dan teladan, pemantauan dan pendampingan, pemberian hukuman, pemberian hadiah, dan kedisiplinan. (c) Evaluasi pembinaan karakter religius siswa dengan dua cara yaitu evaluasi terhadap peserta didik melalui tehnik tes dan non tes dan kedua evaluasi terhadap kinerja pengurus. (2) Implikasi Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Program Boarding School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. (a) Dampak positifnya adalah meningkatnya kualitas ibadah, munculnya sifat toleransi, peningkatan akhlak siswa, munculnya sikap taqwa, ikhlas dan tawakkal, munculnya sikap sabar dan syukur, munculnya akhlak silaturahim, ukhuwah, musawah, husnudzon sesama siswa, munculnya sikap insyiroh. (b) Dampak negatifnya adalah peserta didik tidak jarang sering mengalami keletihan dalam hal fisik mereka, adanya kegiatan boarding yang bertabrakan waktu pelaksanaannya dengan kegiatan di sekolah regular, kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung, para musyrif tersibukkan kepada siswa yang mengalami sakit karena kelelahan. %K Pembinaan, Karakter Religius, Boarding School. %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib38732