eprintid: 38737 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/87/37 datestamp: 2020-10-23 06:15:35 lastmod: 2020-10-23 06:15:44 status_changed: 2020-10-23 06:15:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fredy Handria Hera Riza, NIM. 17204010181 title: PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Kajian di Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Kurikulum, Pesantren, Pembentukan Karakter note: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, M.Ag abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus-kasus yang mengindikasikan degradasi moral yang dilakukan oleh remaja yang masih berstatus sebagai pelajar di lembaga Pendidikan formal dan di lembaga Pendidikan nonformal seperti pesantren yang akhir-akhir ini banyak terjadi. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan kurikulum pesantren dalam pembentukan karakter di Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo. Ada tiga Subfokus dalam penelitian ini, yaitu pengembangan kurikulum pesantren dalam pembentukan karakter di Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo, Hasil pembentukan karakter pada diri santri melalui pengembangan kurikulum di pondok pesantren An Nida’ Wonosobo dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kurikulum dalam pembentukan karakter di pondok pesantren An Nida’ Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo. Subyek dalam penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren, Kepala Bagian Kegiatan, Dewan Asatidz dan Santri Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo. Penenlitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik Analisis data menggunakan metode dari Miles and Hubberman dan kemudian data dianalisis melalui tiga komponen analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan kurikulum Pendidikan dalam pembentukan karakter di pondok pesantren An Nida’ Wonosobo dengan memperhatikan beberapa prinsip pengembangan kurikulum, yaitu: prinsip berorientasi pada tujuan, prinsip relevansi, prinsip efektifitas, prinsip integritas dan kontinuitas dan prinsip sinkronisasi 2) Hasil pembentukan karakter melalui pengembangan kurikulum di pondok pesantren An Nida’ Wonosobo ini bisa dilihat dari ketercapaian semua indikator dari 5 pilar karakter yaitu: a) Nilai-nilai yang berhubungan dengan Tuhan; b) nilai-nilai yang berhubungan dengan diri sendiri; c) nilia-nilai yang berhubungan dengan orang lain; d) nilai-nilai yang berhubungan dengan lingkungan; e) nillai-nilai yang kebangsaan 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kurikulum ini, faktor pendukungnya yaitu: a) Adanya sistem yang terintegrasi melalui pondok pesantren b) Adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh pihak c) Terciptanya iklim serta lingkungan yang agamis, dan kondusif dengan tradisi pesantren d) Ketersediaan para pendidik yang memiliki loyalitas dan dedikasi tinggi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) Adanya proses seleksi alam yang berhubungan dengan semangat dan keinginan santri dalam belajar b) Belum tersedianya beberapa fasilitas penunjang program pembelajaran c) Kurangnya dana untuk menyenggarakan kegiatan-kegiatan non akademik (rekreatif). date: 2019-12-17 date_type: published pages: 244 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fredy Handria Hera Riza, NIM. 17204010181 (2019) PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER (Kajian di Pondok Pesantren An Nida’ Wonosobo). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38737/1/17204011181_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38737/2/17204010181_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf