%A ULFAH NURHIDAYAH - NIM. 03410176 %O Pembimbing: Drs. Moch Fuad, MA %T HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TIGA SMK NEGERI DI KABUPATEN BANTUL %X Latar belakang penelitian ini adalah siswa membutuhkan motivasi intrinsic dalam belajar. Pendapat dari Loore bahwa faktor ekstern yang dapat menumbuhkan motivasi intrinsik diantaranya adalah adanya bahan sumber, program tugas, metode, teknik, media dan guru. Peneliti mengambil karakteristik kepribadian guru sebagai hal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa karena guru merupakan figur sentral yang berinteraksi langsung dengan siswa. Penulis mengambil pendapat Oemar Hamalik bahwa karakteristik kepribadian guru dapat berpengaruh langsung dan komulatif terhadap motivasi belajar siswa. Kepribadian yang dapat memengaruhinya yaitu kepribadian yang sesuai dengan karakter siswa. Realitas di lapangan masih banyak perilaku siswa yang mencerminkan rendahnya motivasi belajar, meskipun secara lahir guru telah menampilkan karakteristik kepribadiannya dengan baik. Inilah yang menjadikan alasan bagi penulis untuk mengambil judul di atas. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana karakteristik kepribadian guru yang dirasakan siswa? Bagaimana kecenderungan motivasi belajar siswa dan adakah hubungan yang positif dan signifikan antara karakteristik kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil subyek penelitian siswa kelas XI di tiga SMK N di Bantul. Dari hasil perhitungan dengan rumus Al-Rasyid, diperoleh sampel sebanyak 88 siswa dengan tehnik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil dari analisis validitas menunjukkan bahwa Item-item pertanyaan yang valid adalah item pertanyaan yang memiliki nilai r product moment 0,3; sedangkan untuk item pertanyaan yang nilai r product moment 0,3 dianggap tidak valid. Dari 40 butir angket bagian A dinyatakan 36 valid dan 4 gugur. Untuk angket bagian B juga memiliki 36 item valid dan 4 item gugur. Sedang hasil analisis reliabilitas angket bagian A menunjukkan koefisien reliabilitas r = 0,936 yang berarti angket reliable. Untuk angket bagian B menunjukkan koefisien reliabilitas r = 0,938 yang berarti angket reliable. Analisis data berupa analisis deskriptif dengan mengunakan skor ideal, dan analisis korelasional dengan menggukan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik kepribadian guru PAI di SMK N Bantul termasuk kategori sedang 2) Motivasi belajar siswa SMK N di Bantul berada pada kategori sedang 3) Ada hubungan antara karakteristik epribadian guru PAI dengan motivasi belajar siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0.227. Sumbangan variable X terhadap variable Y sebesar 5,1529 %. %K motivasi intrinsik, karakteristik kepribadian guru %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib3874