eprintid: 38772 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/87/72 datestamp: 2020-11-16 02:31:45 lastmod: 2020-11-16 02:31:51 status_changed: 2020-11-16 02:31:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ami Kurnia, NIM.15140015 title: STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: pro_perpus divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Promosi, Strategi Promosi, Perpustakaan, Promosi Perpustakaan, Pusat Studi Wanita (PSW) note: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha. S.Ag., SIP., M.Si. abstract: Penelitian ini membahas mengenai Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka (Studi Kasus: Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan oleh pustakawan dalam mengadakan promosi kepada pemustaka mengenai keberadaan perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu dengan tiga langkah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan data triangulation, membercheck. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi promosi di Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu secara langsung (Personal Selling) dan mengunakan media sosial (Mass Selling). 1) Dalam kegiatan promosi secara Personal Selling dilakukan dengan cara komunikasi secara langsung antara pustakawan dan pemustaka dengan cara bertatap muka dan interaksi langsung. Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan mahasiswa dari Islam Kajian Gender (IKG) dengan cara mengadakan sosialisasi tentang perpustakaan atau kelas khusus gender. Pustakawan juga melayani para pemustaka dengan baik dan maksimal, pustakawan selalu tersenyum ramah dan sabar dalam menjalani tugasnya, pustakawan mampu berkomunikasi secara baik dengan pemustaka . 2) Mass Selling merupakan salah satu jenis promosi dengan menggunakan pendekatan media. Untuk media promosi secara Mass Selling Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mempunyai website pribadi yang dapat diakses oleh pemustaka melalui alamat http://psw.uinsuka.ac.id. Selain itu Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga memiliki media sosial Facebook yang beralamatkan https://www.facebook.com/ppgha.uinsunankalijaga. date: 2020-02-04 date_type: published pages: 130 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ami Kurnia, NIM.15140015 (2020) STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMUSTAKA (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN PUSAT STUDI WANITA (PSW) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38772/1/15140015_BAB%20I_%20BAB_TEARKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38772/2/15140015_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf