eprintid: 38804 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 8211 dir: disk0/00/03/88/04 datestamp: 2020-03-13 02:51:55 lastmod: 2020-03-13 02:53:59 status_changed: 2020-03-13 02:51:55 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: PURNAMA, SIGIT title: Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha ispublished: pub subjects: pen_anak divisions: x_proc full_text_status: public pres_type: paper keywords: Pengasuhan Digital, Anak Generasi Alpha abstract: Anak-anak yang lahir setelah tahun 2010 merupakan generasi Alpha. Mereka lahir dari orang tua generasi milenial. Mereka merupakan generasi yang paling akrab dengan internet sepanjang masa. Generasi yang paling akrab dengan teknologi digital dan generasi yang diklaim paling cerdas dibanding generasi-generasi sebelumnya. Meskipun demikian, mereka dinilai memiliki kekurangan, seperti: bossy, dominan, dan suka mengatur; tak suka berbagi; tidak mau mengikuti aturan; teknologi menjadi bagian dari hidup mereka, dan tidak akan mengetahui dunia tanpa jejaring sosial; dan kemampuan berkomunikasi langsung jauh berkurang. Pada sisi lain, perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi begitu cepat. Perkembangan tersebut menawarkan sisi-sisi positif dan negatif bagi generasi alpha yang akrab dengan internet. Disinilah peranan orang tua sangat dibutuhkan. Sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak, orang tua diharapkan memberikan pengasuhan yang benar dan tepat. Orang tua milenial perlu mengenali karakteristik anak-anak generasi alpha. Oleh karena itu, agar generasi alpha menjadi generasi yang sukses di abad 21 ini, orang tua milenial perlu memperhatikan beberapa hal berikut: (1) mengikuti perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi, agar orang tua memiliki bekal dan dapat membimbing anak-anak berinteraksi dengan internet dengan cerdas dan sehat; (2) mengajarkan anak-anak bersosialisasi, agar social-emosional mereka dapat berkembang dengan baik; (3) turut melatih dan mengembangan aspek fisik-motorikanak; (4) turut membekali anak-anak dengan nilai-nilai agama dan moral; (5) mendidik anak-anak agar tidak tergantung pada teknologi; dan (6) memainkan peran secara maksimal sebagai teman diskusi, tempat bertanya dan tempat mencurahkan kasih sayang bagi anak. date: 2018-04-07 date_type: published series: Prosiding publication: Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education volume: 1 number: - publisher: PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI SEKOLAH TINGGI AGAM ISLAM AL HIKMAH place_of_pub: Tuban pagerange: 493-502 pages: 24 event_title: Konferensi Nasional dan Rapat Tahunan Perkumpulan Program Studi (PPS) Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Indonesia event_location: Fave Hotel Tuban event_dates: 3-5 April 2018 event_type: conference refereed: TRUE isbn: 2620-7974 book_title: Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education official_url: http://conference.iaialhikmah.ac.id referencetext: Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta. Annelia Sari Sani. 2017. Saran Psikolog agar Anak Tidak Kecanduan Gadget. Dalam https://cantik. tempo.co/read/840909/saran-psikolog-agar-anak-tidak-kecanduan-gadget. Christina Sterbenz. 2015. Here's who comes after Generation Z — and they'll be the most transformative age group ever. Business Insider. Available online at http://www.businessinsider.com/generation- alpha-2014-7-2/?IR=T http://id.priceprice.com/harga-hp/news/Laporan-IDC-Pengiriman-Smartphone-di-Indonesia- Merosot-9-di-Q4-2017-dan-Samsung-Masih-Kuasai-Pasar-5305/ http://jambi.tribunnews.com/2017/01/08/ciri-ciri-dan-fakta-tentang-generasi-alpha-2. http://www.p21.org/storage/documents/1.__p21_framework_2-pager.pdf https://id.wikipedia.org/wiki/Digital https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komunikasi_digital https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesiatahun- 2018 https://www.kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentangriset- kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/ 0/siaran_pers. https://www.mobileconnectivityindex.com/#year=2016&zoneIsocode=IDN&analysisView= IDN https://www.selasar.com/jurnal/36639/Mitos-Generasi-Milenial Lankshear, C. & Knobel, M. (ed). 2011. Literacies: Social, Cultural and Historical Perspectives. United States: Peter Lang Publishing Inc. Available online at http://litmedmod.ca/sites/default/ files/pdf/bawden-lankshear-knobel_et_al-digitalliteracies_lr.pdf Majlis Luhur Taman Siswa. 1962. Karya Ki Hajar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa. Paul A. Kirschner, Pedro De Bruyckere. 2017. The myths of the digital native and the multitasker. Teaching and Teacher Education, 67, pp. 135-142. Available online at https://www.gwern.net/docs/psychology/2017-kirschner.pdf Putra, Y.S. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, Vol. 9 (18), 123- 134. Diunduh dari jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/download/142/133. Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. 2012. Charting digital literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college. Presentado en Innovations. Yeni Umardin. 2017. Menjadi Orang Tua dari Generasi Alpha. Available online at http://www.familyguideindonesia. com/assets/widget/file/FG_44_Calameo.pdf. Yoram Eshet-Alkalai. 2004. Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital Era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), pp. 93-106. Available online at https://www.openu.ac.il/personal_sites/download/Digital-literacy2004- JEMH.pdf citation: PURNAMA, SIGIT (2018) Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. In: Konferensi Nasional dan Rapat Tahunan Perkumpulan Program Studi (PPS) Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Indonesia, 3-5 April 2018, Fave Hotel Tuban. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38804/1/Pengasuhan%20Digital%20untuk%20Anak%20Generasi%20Alpha_OK.pdf