TY - THES N1 - Nailul Falah, S.Ag., M.Si ID - digilib38834 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38834/ A1 - Eli Yulianti, NIM 15220005 Y1 - 2020/01/23/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki motivasi belajar yang tiap tahun semakin rendah, dan mereka mendapatkan nilai yang lebih rendah dari temantemannya yang lain. Hal ini dikarenakan siswa tersebut motivasi belajarnya rendah, sehingga ketika di dalam kelas mereka kehilangan fokus belajar dan bermalas-malasan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahap-tahap pelaksnaan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPA 3 MAN 4 Bantul. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan subjek guru Bimbingan dan Konseling, Wali kelas dan Siswa MAN 4 Bantul yang kurang memiliki motivasi belajar. adapun objek dari penelitian ini adalah tahap-tahap pelaksanaan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mengambil MAN 4 Bantul sebagai tempat penelitian. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptifkualitatif, yaitu mengklarifikasi data yang telah terhinpun agar dapat menjawab rumusan masalah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan karir yang telah dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling dilakukan dengan beberapa tahapan (1) Perencanaan Program Bimbingan Karir (2) Penyusunan Program Bimbingan Karir (3) Pelaksanaan Program Bimbingan Karir (4) Evaluasi Program Bimbingan Karir PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Karir KW - Motivasi Belajar M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 4 BANTUL D.I YOGYAKARTA AV - restricted EP - 131 ER -