TY - THES N1 - Drs. Abdullah, M.Si ID - digilib38842 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38842/ A1 - NAJUBAH ZAIN, NIM. 16220090 Y1 - 2020/02/18/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi adanya realita saat ini anak-anak keberagamaannya sangatlah memprihatinkan, terlebih mengenai akhlak seperti kurangnya sopan santun, berbuat kriminal bahkan tidak sedikit telah memakai narkoba. Pendidikan TPQ diperlukan sebagai langkah untuk membentuk akhlak agar anak menjadi kuat iman dan akhlak. Berdasarkan hal ini bimbingan keagamaan diperlukan untuk membentuk akhlak anak, juga mengangkat kembali eksistensi dari TPQ. Lokasi penelitian berada di TPQ Tunas Taqwa Menoreh Salaman Magelang. Tujuan penelitian untuk mengetahui metode bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlak anak di TPQ Tunas Taqwa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pengasuh, guru, tiga anak TPQ dan tiga orang tua anak. Obyek penelitian adalah bagaimana metode bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlak anak di TPQ Tunas Taqwa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlak anak di TPQ Tunas Taqwa Menoreh Salaman Magelang terdiri dari metode individual dan metode kelompok. Metode individual terdiri dari pemberian nasihat, pembiasaan dan praktik langsung, prestasi bintang, menulis, dan cerita. Sedangkan metode kelompok yaitu melalui ceramah dan tanya jawab. Melalui metode tersebut mampu membentuk akhlak anak meliputi pembiasaan mengucap salam dan berjabat tangan, melatih berinfak, bersikap jujur, pemaaf, disiplin, dan taat aturan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Keagamaan KW - Akhlak Anak. M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK ANAK DI TPQ TUNAS TAQWA MENOREH SALAMAN MAGELANG AV - restricted EP - 108 ER -