eprintid: 38844 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/88/44 datestamp: 2020-04-03 06:55:31 lastmod: 2020-04-03 06:55:31 status_changed: 2020-04-03 06:55:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LATIFAH FIRDAUS, NIM 16220037 title: REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Regulasi Diri dalam Belajar, Strategi, Mahasiswa Bekerja. note: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag., M.A. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena mahasiswa yang bekerja. Peran ganda mahasiswa ini dapat menimbulkan efek negatif apabila mahasiswa tidak dapat mengelola waktunya dengan baik. Menjalani kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mudah. Mahasiswa yang bekerja dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik, diantaranya manajemen waktu yang baik, strategi belajar, dan memperhatikan kondisi fisik karena peran gandanya sebagai mahasiswa dan karyawan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi diri dalam belajar mahasiswa bekerja, studi pada tiga mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. Fokus pada penelitian ini adalah strategi yang digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi regulasi diri dalam belajar mahasiswa yang bekerja terdiri dari 10 strategi yaitu strategi mengatur dan mengubah, menetapkan tujuan dan perencanaan, mengulang dan mengingat, evaluasi diri, konsekuensi diri, pembuatan catatan dan mengamati diri, mengatur lingkungan belajar, pencarian informasi, mencari dukungan sosial, memeriksa dan mengulang catatan atau tes. Dua subjek menggunakan xii kesepuluh strategi dan satu subjek lainnya hanya menggunakan 8 strategi regulasi diri dalam belajar. date: 2020-02-05 date_type: published pages: 159 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LATIFAH FIRDAUS, NIM 16220037 (2020) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38844/1/16220037_BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38844/2/16220037_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf