eprintid: 3885 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/38/85 datestamp: 2012-08-29 08:31:51 lastmod: 2016-12-13 02:37:45 status_changed: 2012-05-04 16:45:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ELLIA NURMAIFA - NIM. 05450035, title: MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009) ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, media realia, motivasi, dan prestasi belajar note: Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan media realia hewan amfibi terhadap motivasi belajar materi klasifikasi amfibi siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009. (2) mengetahui efektivitas penggunaan media realia hewan amfibi terhadap prestasi belajar kemampuan melakukan determinasi materi klasifikasi amfibi siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen semu). Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta, dan diambil sampel 2 kelas atas dasar penunjukan sekolah (guru bidang studi) yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre test dan post test, serta lembar observasi. Analisis data untuk motivasi belajar siswa selama pembelajaran baik pembelajaran dengan media realia maupun pembelajaran konvensional dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data untuk soal tes (pre test dan post test) menggunakan uji t data berpasangan. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPS versi 2005-BL edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi kelas eksperimen (29,6=tinggi) lebih tinggi daripada kelas kontrol (16,62=cukup). Kelas eksperimen memiliki motivasi lebih baik sebesar 30% dibanding kelas kontrol. Sedangkan prestasi belajarnya dengan menggunakan media realia lebih efektif 23,30% dalam meningkatkan prestasi belajar kemampuan melakukan determinasi. date: 2010-02-25 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-25 10:26:03 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ellianurma-3654-1-ellianu-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/74/digilib-uinsuka--ellianurma-3654-1-ellianu-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4071 ; nama file lama : ELLIA NURMAIFA - NIM. 05450035 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1568782 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ELLIA NURMAIFA - NIM. 05450035, (2010) MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MELAKUKAN DETERMINASI MATERI KLASIFIKASI AMFIBI (Kasus Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas X MA Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta 2008/2009). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3885/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3885/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf