eprintid: 38946 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/89/46 datestamp: 2020-04-16 03:21:23 lastmod: 2020-04-16 03:21:23 status_changed: 2020-04-16 03:21:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD FATHUL MUSLIM, NIP. 1520410027 title: IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: P divisions: pai_ full_text_status: restricted keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI note: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan publik bahwa kinerja guru PAI itu kurang maksimal, khususnya dalam kompetensi pedagogik, seperti kemampuan guru dalam memahami karakter peserta didik, kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran. Menurut hasil Penyelenggaraan Pemetaan Kompetensi Online terhadap guru mata pelajaran rumpun PAI oleh Kementerian Agama pada tahun 2018, menyatakan bahwa penguasaan guru dalam kompetensi pedagogik masih relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komponen-komponen dari kompetensi pedagogik guru mata pelajaran rumpun PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Kemudian dari makna tersebut akan ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) guru telah memahami karakteristik peserta didik dalam aspek fisik, moral, emosional, spiritual, dan intelektual dengan baik, (2) guru mampu melakukan perencanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, (3) guru memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana, 4) guru telah melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menerapkan kaidah-kaidah penilaian autentik. date: 2018-08-28 date_type: published pages: 199 institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MUHAMMAD FATHUL MUSLIM, NIP. 1520410027 (2018) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN (STUDI KASUS PADA GURU MAN 1 YOGYAKARTA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38946/1/1520410027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38946/2/1520410027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf