eprintid: 3896 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/38/96 datestamp: 2012-09-04 10:57:33 lastmod: 2016-03-01 04:20:01 status_changed: 2012-05-04 16:45:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUHEDOH - NIM. 05450010, title: PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Konstruktivisme. Parisipasi, Kognitif note: Pembimbing : Drs. Sudjoko MS abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan kelas X MA LFT UIN Sunan kalijaga Yogyakarta dan berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan kognitif siswa serta mengetahui peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Penelitian dilakukan di kelas X MA LFT Sunan Kalijaga Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 pada materi pokok ekosistem. Desain penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (Planing), tindakan (Acting), observasi (observation), dan refleksi (reflektion). Data yang dikumpulkan berupa data partisipasi siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan koqnitif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme serta data keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Data partisipasi dan data keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme diperoleh melalui hasil observasi, data kemampuan kognitif dengan nilai hasil pre test dan post test siswa. Hasil observasi partisipasi dianalisis dengan analisis deskriptif teknik presentase, kemampuan kognitif siswa dianalisis dengan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dan kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan partisipasi dapat dilihat dari masing-masing aspek partisipasi yang meliputi aspek memberikan ide atau pendapat, menerima pendapat orang lain, melaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok, kerjasama dalam kelompok, dan aspek yang terakhir adalah kepedulian terhadap kesulitan sesama kelompok. Peningkatan kemampuan kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya niat effect size sebesar 15,2. date: 2010-02-25 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-25 12:12:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nuhedoh054-3665-1-nuhedoh-.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/74/digilib-uinsuka--nuhedoh054-3665-1-nuhedoh-.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4082 ; nama file lama : NUHEDOH 05450010 PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPAS .pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1425627 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NUHEDOH - NIM. 05450010, (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X MA LFT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3896/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3896/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf