eprintid: 3900 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/39/00 lastmod: 2012-05-04 16:45:16 status_changed: 2012-05-04 16:45:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI HIDAYATI NIM : 04451091, title: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 MELALUI METODE PROBLEM SOLVING MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIIIA DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009 ispublished: pub full_text_status: none keywords: Problem solving, aktivitas, hasil belajar, kognitif , MTsN Prambanan note: Pembimbing : Drs. Sudjoko M.S abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif C3 siswa pada proses pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia siswa kelas VIIIA MTsN Prambanan Sleman dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan metode pembelajaran problem solving pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTsN Prambanan Sleman tahun ajaran 2008/2009. Data yang dikumpulkan berupa data observasi aktivitas siswa dan data hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar belajar kognitif C3 siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving dapat dilaksanakan pada pembelajaran biologi materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini dapat dilaksanakan dengan 2 siklus pembelajaran dengan perbaikan pada siklus II. Metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif C3 siswa kelas VIIIA di MTsN Prambanan Sleman. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari masingmasing aspek aktivitas yang meliputi aktivitas dalam tahapan pembelajaran problem solving terdiri dari mengidentifikasi masalah mengalami peningkatan sebesar 17%, merumuskan hipotesis sebesar 28%, mengumpulkan keterangan yang relevan sebesar 26%, menguji hipotesis sebesar 28%, membuat kesimpulan sebesar 20%. Aktivitas saat diskusi pada aspek mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 36%, menjawab pertanyaan sebesar 28%, menyampaikan pendapat sebesar 27%, menanggapi pendapat sebesar 35%, dan membuat kesimpulan sebesar 28%. Peningkatan hasil belajar kognitif C3 siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 0,67. date: 2010-02-25 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-02-25 13:49:16 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srihidayat-3669-1-srihida-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/74/digilib-uinsuka--srihidayat-3669-1-srihida-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4086 ; nama file lama : SRI HIDAYATI 04451091 UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 a.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1167153 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-02-25 13:49:16 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srihidayat-3669-1-srihida-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/74/digilib-uinsuka--srihidayat-3669-1-srihida-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4086 ; nama file lama : SRI HIDAYATI 04451091 UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 a.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1167153 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI HIDAYATI NIM : 04451091, (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF C3 MELALUI METODE PROBLEM SOLVING MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIIIA DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.