%A NIM. 17204010031 Shidqil Mubarok %O Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag %T PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA UNTUK PENINGKATAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA SMA AN NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL WONOSOBO %X Peneitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil didapat dari penelitian adalah Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab menunjukkan hasil guru menghendaki sebuah metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan membuatkan desain berupa buku panduan penggunaan model sosiodrama dalam pembelajaran mahārah al-kalām, yang berisi desain pembelajaran dengan model sosiodrama didalamnya memuat : (a) latar belakang, (b) Landasan Teori, (c) Langkah-langkah Penggunaan, (d) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan model sosiodrama, dan (c) alat evaluasi keterampilan berbicara. Analisis peniliaan ahli dan praktisi terhadap desain produk model sosiodrama dapat ditarik kesimpulan bahwa desain pembelajaran dengan model sosiodrama ini dinilai cukup baik dan layak digunakan dengan revisi. Dengan saran dan masukan dari ahli untuk menambahkan; (a) Latar Belakang, tujuan penggunaan metode (b) penambahan pada landasan teori, (c) langkah-langkah pembelajaran disertai dengan contoh dan gambar, dan (d) perbaikan pada aspek penulisan pada font Arab. Hasil uji coba keefektifan model sosiodrama dalam pembelajaran Mahārah al-kalām pengujian tersebut diberikan kepada calon pengguna produk, dan siswa sebagai pembelajar. Pada aspek kepraktisan penggunana model pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata “4.1” dengan katagori “Baik” oleh calon pengguna produk I , dan mendapatkan nilai rata-rata “4,0” dengan katagori “Baik” pada calon pengguna produk II, sehingga produk model soiodrama dalam pembelajaran mahārah al-kalām tergolong layak untuk digunakan. Adapaun respon siswa terhadap keefektifa penggunaan model sosiodrama yang telah dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata “4,0” dengan katagori “Baik” dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mahārah al-kalām. %K Pengembangan, Model Pembelajaran Sosiodrama, Mahārah al-kalām %D 2019 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib39003