@mastersthesis{digilib39005, month = {July}, title = {????? ???? ????? ????? ??????? ?????? ????? ??????? ?????? ????? ????? ????? ??????? ???????? ?????? ????????? ?? ????? ????????}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17204010038 ???? ????? ?????}, year = {2019}, note = {Dr. Muhajir, M.Si}, keywords = {Penelitian dan Pengembangan (R \& D), Bahan Ajar, Keterampilan Membaca}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39005/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab yang sesuai dengan kebutuhan santri baru pondok pesantren Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa buku pembelajaran bahasa Arab sekaligus menguji kelayakannya. Rumusan masalah ini terbagi menjadi 3 poin pertanyaan yaitu : (1) Bagaimana prosedur pengembangan bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi santri baru pondok pesantren Timoho Minhajut Tamyiz Yogyakarta?, (2) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap produk bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi santri baru pondok pesantren Timoho Minhajut Tamyiz Yogyakarta?, (3) Bagaimana hasil respon santri baru terhadap produk bahan ajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R \& D) dengan model pengembangan Borg \& Gall, yaitu : menemukan potensi dan masalah serta pengumpulan (observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket dan juga review bahan ajar), penyusunan bahan ajar, validasi dari ahli pembelajaran bahasa Arab, revisi produk awal, uji coba produk di kelas kecil, revisi kedua, uji coba produk di kelas besar, revisi terakhir, dan produk ahir. Produk akhir dari pengembangan ini adalah buku ajar yang berjudul Madkholul Arobiyyati yang materi intinya berisi dari teks, kosa kata, qowaid dan juga latihan latihan. Hasil validasi desain terhadap buku ini pada komponen isi materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori ?cukup? dan pada komponen penyajian materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori ?cukup? dan pada komponen kualitas materi mendapatkan skor 3,00 dengan kategori ?cukup?. Respon santri baru pondok pesantren Minhajut Tamyiz terhadap buku ini ketika kelas kecil adalah ?baik? dengan skor 3,78. Adapun respon santri baru pada kelas besar juga berkategori ?baik? dengan skor 3,99. Dengan demikian hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku bahan ajar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab} }