@mastersthesis{digilib39013, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN STRATEGI COOPERATIVELEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAH{\=A}RAH KAL{\=A}M DENGAN MENGGUNAKAN {\d T}AR{\=I}QAH MUB{\=A}SYARAH DI KELAS X MA ISLAMIC CENTER BIN BAZ TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17204010043 Muhammad Syafii Tampubolon}, year = {2019}, note = {Dr. Muhajir, M.SI}, keywords = {Bahasa Arab, Cooperative Learning, Mah{\=a}rah Kal{\=a}m, {\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39013/}, abstract = {Tujuan penelitian ini ada tiga tujuan:Pertama, Mengetahui pengembangan strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran Mah{\=a}rah Kal{\=a}m dengan menggunakan {\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarah di Kelas X MA Islamic Center Bin Baz tahun pelajaran 2018/2019.Kedua,Mengetahui pelaksanaan strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran Mah{\=a}rah Kal{\=a}m dengan menggunakan {\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarahdi Kelas X MA Islamic Center Bin Baz tahun pelajaran 2018/2019. Ketiga,Mengetahui evaluasi strategi CooperativeLearning dalam pembelajaran Mah{\=a}rahKal{\=a}m dengan menggunakan {\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarah di Kelas X MA Islamic Center Bin Baz Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif.Karena pada penelitian ini terdiri suatu gambaran kompleks, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Penelitian ini merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Hasil penelitian tidak dimaksudkan sebagai pemecahan langsung dari permasalahan yang dihadapi, karena penelitian merupakan bagian dari usaha pemecahan masalah. Dengan mengacu pada pendapat Saifuddin Azwar, bahwafungsi penelitian adalah mencarikan penjelasan dan jawaban terhadap permasalahan serta memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama,pengembangan strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mah{\=a}rah Kal{\=a}mdengan menggunakan{\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarah mulai diterapkan di pondok pesantren Islamic Center Bin Baz sejak tahun 2015, ketika itu program ini masih dikhususkan di Program Takho{\d s}{\d s}u{\d s} (program satu tahun pra Aliyah), namun setelah satu tahun berjalan, program ini diinclude menjadi kelas X Aliyah, kemudian setelah dua tahun kelas X Aliyah ditempatkan di lokasi yang berbeda dengan kelas XI dan XII dengan tujuan untuk membentuk lingkungan bahasa yang lebih kondusif.Kedua, pelaksanaan strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mah{\=a}rah Kal{\=a}mdengan menggunakan{\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarahdi kelas X MA Islamic Center Bin Baz dengan mengikuti langkah-langkah yang telah tercantum dalam buku mu?allim dan RPP yang memuat langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir.Setelah belajar teori di kelas, para santri diwajibkan berkomunikasi bahasa arab di manapun dan kapanpun di lingkungan pondok pesantren Islamic Center Bin Baz. Ketiga, evaluasi strategi CooperativeLearningdalam pembelajaran Mah{\=a}rah Kal{\=a}mdengan menggunakan{\d T}ar{\=i}qah Mub{\=a}syarahdi kelas X MA Islamic Center Bin Baz menggunakan beberapa tes, yaitu: mendeskripsikan gambar, berbicara bebas, bercerita, diskusi, wawancara, berpidato.} }