@mastersthesis{digilib39017, month = {August}, title = {INOVASI BAHAN AJAR NAHWU UNTUK PEMULA MELALUI KITAB SYARAH TALF{\=I}FUL AKW{\=A}N SEBAGAI PENGUATAN QAW{\=A}?ID DAN TARJAMAH DI KELAS X MA WAHID HASYIM CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.17204010054 Adam Azmi Syahroni}, year = {2019}, note = {Dr. H. Zainal Arifin, A, M.Ag}, keywords = {Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n, Penguatan Qaw{\=a}?id dan Tarjamah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39017/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n sebagai inovasi bahan ajar untuk pemula dalam penguatan Qaw{\=a}?id dan Tarjamah di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta yang meliputi : proses pembelajaran Nahwu dengan menggunakan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n, pembelajaran Nahwu dengan menggunakan kitab tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi Karya Tulis Ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya wawasan bagi guru untuk memilih metode yang tepat dan terutama menyesuaikan dengan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengambilan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n diterapkan pada siswa kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta, Metode pembelajarannya terlebih dahulu dengan membaca na{\d z}am yang sudah mereka hafal, kemudian penjelasan qaw{\=a}?id, latihan membuat kalimat sesuai dengan Qaw{\=a}?id na{\d z}am yang telah diberikan, dan latihan membaca teks berbahasa Arab. Dari penelitian yang dilakukan penulis, pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu : Berdasarkan hasil angket yang telah penulis bagikan dapat dilihat bahwa jawaban dari mayoritas responden terhadap pertanyaan-pertanyaan penulis yang berkaitan dengan inovasi bahan ajar dalam pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab tersebut menunjukkan skor yang tinggi : yaitu responden merasa penggunaan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n sudah efektif. Berdasarkan rata-rata nilai ujian semester ganjil menunjukkan skor yang tinggi, yaitu 83,78 hal ini dapat dikategorikan baik sekali. Dengan melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah Talf{\=i}ful Akw{\=a}n di kelas X MA Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta telah berjalan efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab.} }