TY - THES N1 - Dr. Muhajir, MSI. ID - digilib39038 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39038/ A1 - Naimatus Tsaniyah, NIM. 17204010123 Y1 - 2019/08/26/ N2 - Model komunikatif pembelajaran bahasa Arab didasarkan pada asumsi bahwa setiap orang memiliki kapasitas bahasa bawaan yang dikenal sebagai perangkat akuisisi bahasa (LAD). Itu sebabnya kompetensi bahasa aktif di alam, kreatif, inovatif, produktif dan bahkan memiliki ikatan serius dengan banyak faktor. Pembelajaran bahasa Arab komunikatif diterapkan secara efektif dan dilaksanakan dengan baik melalui pengembangan. Siswa-siswi MA Ali Maksum Krapyak memiliki kemampuan tata bahasa Arab dan tingkat baca literatur Arab yang baik.Akan tetapi modal ini tidak serta merta mampu mendobrak kemahiran istim?? dan mah?rah kal?m(production skill)bisa dibilang sangat lemah. Seharusnya dengan kemampuan membaca, tulis dan tata bahasa mampu mendongkrak kemahiran istim?? dan kemah?ran kal?m siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana tujuan, proses, dan faktor pengajaran mah?rah istim?? dan mah?rah kal?m penerapan pendekatan komunikatif di kelas XI agama MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Menggunakan data lapangan (field reseach). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas XI agama(pa) MA Ali Maksum Yogyakarta, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan sesuai dengan pengajaran bahasa komunikatif baik itu prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunikatif. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru dan siswa melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan ilmiah yaitu melalui tiga tahap, tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, guru dan siswa melakukan dialog ringan, pada tahap kegiatan inti, siswa melakukan eksplorasi dan mengasosiasi. Pada tahap penutupan, siswa melakukan proses mengkomunikasikan. Pada tahap penilaian, guru menerapkan pendekatan ilmiah dengan menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Adapun kendala yang dihadapi pertama, minimnya media pembelajaran yang mendukung, pembangunan fasilitas pendukung untuk kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Ali Maksum. Kedua karena lingkungan yang kurang mendukung dalam pengembangan bahasa siswa, ketiga bergantung pada individu peserta didik. Kurangnya minat dan bakat para siswa serta kualitas dan kuantitas dari para guru. Saran yang dilakukan adalah pada pihak madrasah untuk meningkatkan mutu madrasah menyediakan sarana, prasarana dan fasilitas sebagai sarana pendukung dalam proses pembelajaran. Mengarahkan peserta didik untuk mengatur waktu belajar mereka dengan baik, dan memberikan motivasi akan pentingnya belajar bahasa asing bagi masa depan mereka. Pihak sekolah atau madrasah mengadakan pelatihan atau evaluasi secara rutin terhadap guru mengenai taknik pengajaran guru bahasa Arab memperluas pengetahuan tentang bagaimana menciptakan inovasi baru dalam menerapkan metode yang efektif dan efiseien, serta bisa memahami kondisi individu peserta didiknya ketika belajar. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendekatan Komunikatif KW - Pembelajaran Bahasa Arab. M1 - masters TI - PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018-2019 AV - restricted EP - 242 ER -