@mastersthesis{digilib39044, month = {August}, title = {PEMBELAJARAN TAHFIZ DI KELAS UNGGULAN TAHFIZ MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.17204010131 MOCHAMAD THOLIB KHOIRIL WARO}, year = {2019}, note = {Dr. Ahmad Arifi, M.Ag}, keywords = {Program Unggulan tah\}fi{\ensuremath{>}}z , Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran, Teori Behavioristik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39044/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, pertama, keberhasilan Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran dalam menjalankan program unggulan ta{\d h}f{\=i}{\d z}\}. Kurang dari satu tahun ajaran, kelas program unggulan ta{\d h}f{\=i}z\} sudah memperlihatkan perbedaan yang cukup signifikan dibanding kelas lain baik sikap (afektif) maupun akademik (kognitif), sehingga menjadikan anakanak di kelas unggulan ta{\d h}f{\=i}{\d z} menjadi bahan pembicaraan di lingkungan madrasah. Kedua, Berdasarkan data kurikulum, hampir 60\% peserta didik menghendaki masuk pada program unggulan tahfiz padahal dalam satu tahun ajaran, madrasah hanya mampu membuka dua kelas program unggulan tahfiz . Hal tersebut menjadi salah satu fenomena tersendiri mengingat saat ini madrasah sudah memiliki 14 rombel pada tiap angkatan atau total 42 rombel dalam satu madrasah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini membahas tentang pembelajaran tahfiz pada kelas unggulan tahfiz dengan menggunakan teori behavioristik. Teori behavioristik dipilih karena teori tersebut mampu menjelaskan perubahan perilaku yang di sebabkan faktor lingkungan secara ilmiah. Sedangkan semua siswa-siswi Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran merupakan santri muqim yang notabene berada dalam lingkungan pondok dan madrasah selama 24 jam penuh dalam sehari. Dengan pertimbangan tersebut teori ini sangat cocok untuk menganalisis perilaku santri yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat banyaknya program unggulan ta{\d h}f{\=i}{\d z} yang berhenti hanya menjadi tulisan besar pada brosur pendaftaran. Selain itu, menjadi penting karena penelitian ini menggunakan teori behavioristik untuk mengungkap perilaku peserta didik program unggulan tahfiz. Ada tiga penggunaan analisis perilaku dalam belajar dan pembelajaran tahfiz\} pada program unggulan tahfiz : pertama, meningkatkan perilaku yang diinginkan diantaranya dengan meningkatkan perilaku yang diharapkan, memilih penguat yang efektif, menghadirkan penguat tepat waktu, memilih jadwal penguat terbaik, menggunakan perjanjian (contracting) dalam program dan pembelajaran, memberlakukan penguatan negatif secara efektif, dan terakhir menggunakan prompt dan shaping. Kedua, mengurangi perilaku yang tidak diharapkan. Ketiga, memahami tentang kepunahan operan (operant extinction).} }