relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39054/
title: DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN  TINGGI  (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun  2010-2019)
creator: ISBARIA, NIM. 16551003
subject: Ilmu Hadits
description: Perkembangan kajian hadis oleh sebagian ahli telah  mengalami stagnasi. Dalam pandangan pemerhati justru  sebaliknya. Hadis terus berkembang dan mengarah pada  prospek yang baik ke depan. Dengan pendekatan berbagai  disiplin keilmuan, hadis dikaji ataupun terimplikasikan oleh  berbagai lapisan masyarakat. Living hadis misalnya dapat  melihat bagaimana interaksi masyarakat dengan hadis Nabi  atau hadis yang hidup di masyarakat. Begitupun dengan arus  globalisasi yang semakin masif di era modern seperti sekarang  ini.Ragam upaya pemaknaan, pemahaman, dan  kontekstualisasi cukup kentara dilakukan sarjana-sarjana ilmu  hadis di perguruan-perguruan tinggi Islam di Indonesia.  Penelitian ini bertujuan memetakan dinamika kajian hadis  di perguruan tinggi Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  dengan jenis penelitian kualitatif. Objek material yang  digunakan adalah skripsi hadis UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta. Implikasi lainnya adalah untuk mengetahui  kontribusi UIN Sunan Kalijaga dalam keilmuan hadis yang  terlihat jelas oleh selain dua faktor di atas, juga dari  karya-karya tugas mahasiswa UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta dalam satu dekade terakhir. Metode yang  digunakan adalah peneliti melakukan inventarisasi skripsi  hadis yang terdapat di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta dan meng-crosscheck ke digital library UIN  Sunan Kalijaga. Lebih lanjut penelusuran dibantu oleh  teknologi OPAC UIN Sunan Kalijaga. Lalu peneliti  menganilisa temuan berdasarkan objek formal dan  materialnya kajian.  Dari proses penelitian ini dihasilkan beberapa temuan  sebagai berikut: pertama, sepanjang proses perkembangannya  dalam satu dekade terakhir, telah diberlakukan empat  kurikulum di antaranya Kurikulum TH 2005, Kurikulum IAT  2013, Kurikulum IAT 2016, Kurikulum ILHA 2015, dan  xxi  Kurikulum ILHA 2016. Selain itu dosen pembimbing  akademik juga memberi pengaruh cukup signifikan bagi  keterpilihan tema-tema kajian yang diangkat mahasiswa  sebagai judul tugas akhir disamping juga oleh pengaruh  buku-buku rujukan yang berkembang dan dikarang oleh  dosen-dosen pada jurusan tersebut. Kedua, terdapat dinamika  kajian di dalam skripsi jurusan Tafsir Hadis dan Ilmu Hadis  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam rentang tahun 2010  hingga 2019 baik dari aspek kurikulum atau buku-buku  rujukan yang digunakan selama proses pembelajaran. Ketiga,  dari data yang telah terkumpul, terdapat beberapa analisa yaitu  prospek kajian hadis di UIN Sunan Kalijaga cukup  berkembang dan akan terus mengalami perkembangan. Hal ini  terlihat jelas dari beberapa kajian yang jarang disentuh,  bermunculan tren tema dan berkembang ranah-ranah kajian  baru dalam milieu keilmuan hadis UIN Sunan Kalijaga.
date: 2020-02-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39054/12/16551003_%20BAB-I_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39054/2/16551003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ISBARIA, NIM. 16551003  (2020) DINAMIKA KAJIAN HADIS DI PERGURUAN TINGGI (Studi Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2010-2019).  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.