<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH"^^ . "erdapat fakta penting bahwa ada pandangan yang berbeda secara diametral\r\ndi kalangan mufassir Syiah terkait dengan perbedaan qirā’āt di kalangan imamimam\r\nqirā’āt. Asumsi bahwa satu sekte dalam Islam, yaitu Syiah Imamiyah yang\r\nseharusnya sama dalam menyikapi perbedaan qirā’āt, berbeda dengan fakta yang\r\nada. Dua tokoh Syiah yang berbeda pandangan dalam menyikapi perbedaan\r\ntersebut di antaranya adalah Mulla Muḥsin al-Fayḍ al-Kāsyānī dan al-Faḍl bin\r\nḤasan al-Ṭabrisī. al-Kāsyānī menyatakan bahwa hanya satu bacaan saja yang\r\nmemiliki kualitas mutawātir. Al-Kāsyānī mengutip menekankan bahwa bacaan\r\nyang ṣaḥīḥah hanya ada satu sedangkan al-Ṭabrisī merupakan salah satu\r\nrepresentasi ulama Syiah yang menerima eksistensi qirā’at dan bahkan banyak\r\nmenggunakannya sebagai alat bantu penafsirannya.\r\nBerdasarkan latar belakang yang disebutkan di atas, penelitian ini bertujuan\r\nuntuk menguraikan bagaimana pandangan al-Kāsyānī dan al-Ṭabrisī tentang\r\nperbedaan qirā’at dan melakukan analisis yang lebih dalam, menelisik faktor-faktor\r\napa saja yang melatarbelakangi perbedaan pandangan keduanya terhadap qirā’āt\r\ndan melihat implikasi pemikiran keduanya tentang qirā’āt terhadap penggunaan\r\nqirā’āt dalam kitab tafsir keduanya. Penelitian ini juga menggunakan metode\r\ndeskriptif analitis dan menggunakan teori Hans Georg Gadamer sebagai pisau\r\nanalisis untuk melihat hal-hal yang melatarbelakangi pemikiran kedua mufasir dari\r\nsegi kondisi sosio historis serta latar belakang keilmuan.\r\nAda beberapa hasil yang diperoleh dari penelitian ini. Pertama, secara umum\r\nal-Ṭabrisī sepakat akan kebolehan membaca qirā’āt yang masyhur di kalangan\r\nqāri’ dan cenderung tidak membatasi qirā’ah dalam kitab tafsirnya dengan sebatas\r\nqirā’ah ‘asyrah, akan tetapi ia juga memasukkan tiga qurrā setelah ‘asyrah maupun\r\nimam selain itu. Sedangkan al-Kāsyānī berargumen bahwa al-Qur’an diturunkan\r\ndengan “satu huruf”. Namun, ia tidak melakukan kritik yang begitu tajam terhadap\r\nhadis yang menyatakan bahwa al-Quran itu diturunkan dengan “tujuh huruf” dan\r\ntidak memperlihatkan kecenderungannya terhadap salah satu qurrā’ ‘asyrah.\r\nKedua, Faktor-faktor yang melatarbelakangi perbedaan pandangan al-Kāsyānī dan\r\nal-Ṭabrisī terhadap qirā’at yaitu 1) Perbedaan asumsi dasar mengenai keotentikan\r\nal-Qur’an 2) Perbedaan latar historis. Adapun al-Ṭabrisī hidup di era di mana Syiah\r\nmencapai tingkat pengetahuan dan keterbukaan yang lebih tinggi sedangkan al-\r\nKāsyānī hidup pada zaman dinasti Safawiyah yang pada saat itu terdapat pearalihan\r\nmazhab dan Syiah menjadi mazhab agama Islam resmi di Iran dan menjadi semakin\r\nkuat. 3) al-Kāsyānī lebih dipengaruhi al-Qummī sedangkan al-Ṭabrisī lebih banyak\r\nmengutip riwayat Sunni. Ketiga, al-Kāsyānī terkadang tetap mencantumkan ragam\r\nbacaan tetapi tidak menisbatkan bacaan kepada salah satu rawi atau imam qirā’āt.\r\nSedangkan al-Ṭabrisī tidak terlihat mengistimewakan atau mentarjīḥ riwayat Ḥafṣ\r\ndibandingkan dengan qurrā’ yang lain juga mencamtumkan ragam bacaan dari\r\nsetiap qāri’. Adapun dalam konteks pendekatan antar dua mazhab, pendapat al-\r\nṬabrisī lebih bisa dijadikan sebagai titik temu karena pendapatnya yang lebih netral."^^ . "2020-02-17" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 16531007"^^ . "Putri Adelia"^^ . "NIM. 16531007 Putri Adelia"^^ . . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Text)"^^ . . . . . "16531007_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Text)"^^ . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR\r\nSYI’AH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #39115 \n\nKONSEP PERBEDAAN QIRĀ’ĀT DI KALANGAN MUFASIR \nSYI’AH\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al Qur'an - Metode" . .