%0 Thesis %9 Masters %A Moh. Hidayat S. Latinapa,, NIM: 17200010004 %B PASCASARJANA %D 2020 %F digilib:39134 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Building Learning Power berbasis Akhlak, Kualitas Pembelajaran %P 153 %T EFEKTIFITAS PENERAPAN BUILDING LEARNING POWER BERBASIS AKHLAK TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X MIA I MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39134/ %X Kualitas pendidikan di Indonesia terbukti belum mampu menghasilkan secara optimal sumber daya manusia yang mampu bersaing. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu gagasan yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Sehingga akan tercapainya kualitas pembelajaran bagi siswa yang mampu memiliki motivasi yang kuat, mampu bersaing secara kompetitif, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dimanapun ia berada. Konsep Building Learning Power sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa khususnya kelas X MIA I Madrasah Aliyah Nurul Ummah solusi bagi siswa agar bisa mengekplorasi kemampuan mereka dan memiliki motivasi dalam pembelajarannya serta bisa berdaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses Efektifitas Penerapan Konsep Building Learning Power berbasis Akhlak dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa kelas X MIA I Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan Quasi experiment design one group Pretest Posttest yang melibatkan 22 siswa Siswa kelas X MIA I Madrasah Aliyah Nurul Ummah yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil nilai signifikansi antara pretest dan post-test siswa bahwa t hitung nilainya sebesar - 6,703. t hitung yang nilainya negatif ini disebabkan karena nilai rata-rata dari hasil Pretest lebih rendah dari nilai rata-rata hasil Posttest peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat Kualitas Pembelajaran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Selain itu nilai mean (rata-rata) sebelum diberikan perlakuan sebesar 1601 menjadi 1859 setelah diberikan perlakuan. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Konsep Building Learning Power berbasis Akhlak dapat meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa kelas X MIA I Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima dan terbukti. %Z Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si