relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39177/
title: KOHESIVITAS SOSIAL DAN  EMOSIONAL: STUDI KOMPARATIF  ANTARA KELAS LAKI-LAKI DAN KELAS  PEREMPUAN DALAM SISTEM SINGLE  SEX EDUCATION DI SD MUHAMMADIYAH  KARANGBENDO YOGYAKARTA
creator: Deska Puspita,, NIM. 17204080050
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Sekolah sebagai miniatur masyarakat yang di  dalamnya terdapat interaksi yang berbeda-beda antar  individu atau siswa, perbedaan interaksi antar siswa  menimbulkan terbentuknya geng-geng dikelas. Hal  ini dikarenakan adanya perbedaan tingkat  ketertarikan antar siswa dalam berinteraksi, hal ini  secara teori disebut dengan kohesivitas. Adapun  tujuan penelitian ini adalah untuk:(1) mengetahui  tingkat kohesivtas sosial pada kelas laki-laki dan  kelas perempuan, (2) mengetahui tingkat kohesivtas  emosional pada kelas laki-laki dan kelas perempuan,  (3) mengetahui perbedaan tingkat kohesivitas sosial  dan kohesivitas emosional pada kelas laki-laki dan  kelas perempuan di kelas V SD Muhammadiyah  Karangbendo Yogyakarta.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  yang bersifat komparatif dengan responden 27 orang  siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan. Teori  yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori  Schools as a miniature community in which  there are different interactions between individuals  or students, differences in interaction between  students lead to the formation of gangs in the class.  This is because there are differences in the level of  interest between students in interacting, this is  theoretically called cohesiveness. The purpose of  this study is to: (1) Determine the level of social  cohesiveness in the male and female classes, (2)  Find out the level of emotional cohesiveness in the  male and female classes, (3) Find out the differences  in the level of social cohesiveness and emotional  cohesiveness in the male and female classes in class  v sd muhammadiyah karangbendo yogyakarta.  This study uses a quantitative method that is  comparative with respondents 27 male students and  27 female students. The theory used in this research  is Robbins's cohesiveness theory.  T-test results obtained a tcount of social  cohesiveness of 10,580 and emotional cohesiveness  of 6,220 consulted with a ttable value of 2.704 at a  significance level of 1% with dk 52 so that it can be  concluded that tcount is greater than ttable so that there  is a significant difference in social cohesiveness and  emotional cohesiveness between male and female classes in class V SD Muhammadiyah KarangBendo  Yogyakarta.
date: 2020-02-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39177/1/17204080050_BAB-I_S.D_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39177/2/17204080050_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Deska Puspita,, NIM. 17204080050  (2020) KOHESIVITAS SOSIAL DAN EMOSIONAL: STUDI KOMPARATIF ANTARA KELAS LAKI-LAKI DAN KELAS PEREMPUAN DALAM SISTEM SINGLE SEX EDUCATION DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO YOGYAKARTA.  Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.