@mastersthesis{digilib39198, month = {December}, title = {PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI TERNATE TAHUN 1900-1942 M : PANGAJI, MADRASAH, dan SEKOLAH}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17201020006 FIFI VEBRINA. A}, year = {2019}, note = {Prof. Dr. Muhammad Abdul Karim, MA, MA}, keywords = {Pendidikan Islam, Ternate}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39198/}, abstract = {Penelitian ini membahas bagaimana perkembangan pendidikan Islam dan transformasi sosial di Ternate. Perkembangan pendidikan yang dimaksud berupa perkembangan pendidikan pangaji, sekolah dan madrasah di Ternate tahun 1900 hingga 1942 M. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangan pendidikan Islam di Ternate. Untuk melihat perkembangan pendidikan ini digunakan teori evolusi kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan kepustakaan dengan menggunakan metode sejarah yang mencakup empat langkah, yakni heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiogrfai. Adapun hasil penelitian ini adalahpertama,pendidikan Islam di Ternate berkembang dari pendidikan non-formal yakni pangaji, kemudian hadir pendidikan Islam modern yang di bentuk oleh beberapa organisasi-organisasi Islam seperti Muhamamdiyah dan Sarekat Islam, sehingga berdirilah beberapa Madrasah. kedua, tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan pendidikan Islam di Ternate dalam kurung waktu tahun 1900 hingga 1942 adalah mengahadapi kolonialisme Belanda.Ketiga,upaya yang dilakukan masyarakat Ternate dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam itu sendiri diantaranya, pengembangan materi, metode, dan saran prasarana. Dan keempat,kehidupan masyarakat Ternate semakin baik dengankesadaran masyarakat untuk menjadi masyarakat yang berpendidikan.} }