TY - THES N1 - Annisa Firanti S.Pd.Si., M.Pd ID - digilib39211 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39211/ A1 - Siti Rizka Nurwanti, NIM. 15680004 Y1 - 2020/02/19/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan E- Modul biologi berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI SMA/MA, (2) mengetahui kualitas E-Modul berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk kelas XI SMA/MA melalui penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru biologi, (3) mengetahui respon siswa terhadap E-Modul berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini hanya dibatasi pada tahap Development (Pengembangn). Subjek penelitian ini meliputi 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 orang siswa. Objek penelitian ini berupa E-Modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas E-Modul meliputi lembar penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi, dan angket respon siswa terhadap penggunaan E-Modul. Hasil penelitian ini berupa: (1) pengembangan E-Modul biologi berbasis CASE pada materi pokok sistem imun untuk siswa Kelas XI SMA/MA, (2) kualitas E-Modul biologi berbasis CASE sebagai bahan ajar pada materi sistem imun termasuk kategori ?Sangat Baik? dengan persentase keidealan 91,74%, (3) respon siswa terhadap E-Modul biologi memperoleh hasil persentase 83,94%, yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon ?Sangat Baik?. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - CASE KW - E-Modul KW - Pengembangan KW - Sistem Imun M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, EFFECTIVE) AV - restricted EP - 140 ER -