%0 Thesis %9 Skripsi %A Adit Saputra, NIM. 14600028 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:39239 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Komik, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar %P 312 %T PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39239/ %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan komik matematika untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan motivasi belajar yang layak digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP/MTs. Pemahaman konsep siswa merupakan suatu kemampuan dan kecakapan siswa dalam menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan bukan sekedar hafalan. Motivasi belajar siswa adalah dorongan belajar siswa yang dipengaruhi oleh dirinya sendiri dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model prosedural. Prosedur pengembangan yang dimaksud merupakan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah prosedur pengembangan tersebut yaitu : 1) analisis produk, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII C MTs N 9 Bantul. Instrumen yang digunakan di antaranya : lembar skala motivasi, lembar validitas instrumen, lembar penilaian komik, lembar keterbacaan komik, dan lembar posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengecekan efektivitas, validitas, dan praktibilitas dilakukan pada komik untuk mengetahui kelayakan produk. Komik dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli yang memperoleh skor total 3,23 dari total skor 4. Komik juga dinilai efektif bersadarkan hasil post-test dan skala yang berturut turut menunjukan ketuntasan 83,87 % dan 70%. Komik dinyatakan praktis pula berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran, komik mampu mencapai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 70,24%. Oleh karena itu, komik matematika yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa SMP/MTs. %Z Sintha Sih Dewanti M. Pd