%A Mahmud Arif %T PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HISTORIS Dinamika Pemikiran dan Kelembagaan Pendidikan Islam pada Masa Keemasan %X Selama ini, masa Keemasan Islam yang berlangsung pada kisaran abad III – V hijriah dinilai sebagai puncak prestasi kultural-intelektual yang begitu diidealisasikan oleh umat Islam. Sewajarnya, jika mereka kemudian senantiasa ingin menjadikan capaian prestasi masa tersebut sebagai model rujukan, bahkan tak jarang dilepaskan dari konteks setting sosio-historisnya. Menurut Prof. Munir Mursi, karakteristik yang menandai pendidikan Islam pada masa Keemasan, antara lain: (1) munculnya pemikiran-pemikiran brilian mengenai pendidikan, (2) masuknya pengaruh ilmu-ilmu intelektual, dan (3) berdirinya madrasah sebagai lembaga pendidikan par excellence di dunia Islam. Perspektif historis bermaksud meletakkan fenomena kependidikan Islam dalam lokus dan tempus tertentu, dan menganalisisnya sebagai “anak kandung” zamannya secara sinkronis-diakronis. %P 1-33 %B ANTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM %V 1 %D 2013 %C YOGYAKARTA %I PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib39240