%A NIM. 15380025 ANNISA KHUSNUR ROSYIDA %O Dr. H. HAMIM ILYAS, M.Ag. %T PENERAPAN DYNAMIC PRICING PADA LAYANAN JASA BERBASIS APLIKASI ONLINE GOJEK %X Gojek menggunakan model penetapan harga dynamic pricing sebagaimana diwujudkan dengan kenaikan tarif yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Dynamic pricing pada Gojek memiliki tujuan untuk menjaga ketersediaan pengendara (driver) Gojek melalui keuntungan lebih dari adanya kenaikan tarif agar pengendara (driver) Gojek tetap beroperasi saat permintaan pelanggan terhadap layanan jasa berbasis aplikasi online Gojek mengalami kenaikan. Namun pada praktik pelaksanaan dynamic pricing Gojek di wilayah Yogyakarta, kenaikan tarif terjadi tanpa adanya batasan yang jelas sehingga pengendara (driver) Gojek juga memperoleh tambahan keuntungan yang tidak dapat diprediksi. Dengan demikian penelitian ini akan menjawab apakah ketidakpastian tarif saat dynamic pricing tersebut termasuk dalam gharar yang dilarang dalam Islam atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penetapan harga dan pengambilan keuntungan pada model dynamic pricing Gojek untuk kemudian ditinjau dari perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mix methods) yang bersifat deskriptif-analitis. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi terlibat, studi dokumenter (dokumentery study), dan merujuk sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada dasarnya kenaikan tarif pada saat dynamic pricing dapat dibenarkan menurut hukum Islam karena disesuaikan dengan fluktuasi permintaan dan penawaran. Namun pelaksanaan dynamic pricing pada Gojek di Yogyakarta mengandung unsur gharar yang dilarang dalam Islam karena terdapat ketidakpastian pada batasan kenaikan tarif. Ketidakpastian tersebut menyebabkan keuntungan yang diperoleh pengendara (driver) dan perusahaan Gojek mengandung unsur ghaban karena melebihi rata-rata seharusnya dari 1/3 (sepertiga) biaya jasa (modal), sehingga mempengaruhi ketidakpastian perubahan keuntungan yang sebelumnya dapat dihitung secara pasti. %K Dynamic Pricing, Gharar, Gojek. %D 2020 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib39280