TY - THES N1 - ISWANTORO, S.H., M.H. ID - digilib39299 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39299/ A1 - RIANTAMA YOLAN NUR WAHIDA, NIM. 15340105 Y1 - 2020/02/10/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dalam upaya perlindungan hukum atau payung hukum terhadap penerima gadai dengan lembaga pergadaian swasta di Yogyakarta dan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan terhadap praktek gadai swasta di Yogyakarta taahun 2019. Jenis penelitian ini adalah field research. Sifat penelitian bersifat deskriptif-analisis. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara dan data sekunder berupa perundang-undangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode analisis-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya perlindungan hukum Otoritas Jasa Keuangan terhadap penerima gadai dari lembaga pergadaian swasta di Yogyakarta adalah membuat mekanisme pengaduan konsumen. Otoritas Jasa Keuangan menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan yang meliputi sektor perbankan, pasar modal, dan jasa keuangan di sektor perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.Upaya perlindungan hukum Otoritas Jasa Keuangan terhadap penerima gadai bersifat administratitf karena Otoritas Jasa Keuanga hanya sebatas melakukan pemeriksanaan dan pengawasan terhadap masalah yang dialami oleh pihak pergadian swasta. Otoritas Jasa Keuanga tidak memiliki tanggung jawab terhadap barang jaminan yang rusak karena tanggung jawab sepenuhnya ada pada perusahaan. Prosentase nominal penggantian terhadap barang yang rusak atau hilang wajib diberikan sepenuhnya atau 100% sesuai dengan taksiran barang jaminan yang masuk pada awal masuk di perusahaan pergadaian tersebut. Bagian-bagian dari Otoritas Jasa Keuanga yang membidangi penanganan kasus barang yang rusak pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan adalah IKNB (Industri Keuangan Non Bank) yang menerima pengaduan dari EPK (Edukasi dan Perlindungan Konsumen). PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Otoritas Jasa Keuanga KW - Jaminan KW - Gadai M1 - skripsi TI - PENGAWASAN OTORITAS JASA KEUANGAN TERHADAP PRAKTEK GADAI SWASTA DI YOGYAKARTA TAHUN 2019 AV - restricted EP - 119 ER -