eprintid: 39338 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/93/38 datestamp: 2020-05-15 04:50:39 lastmod: 2020-05-15 04:50:39 status_changed: 2020-05-15 04:50:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUCI FAROHIBA KUSUMAWATI, Nim: 16490001 title: MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen kurikulum, Religious Culture, Prestasi note: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I, abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum dalam meningkatkan religious culture dan prestasi santri. Latar belakang penelitian ini ialah peneliti melihat kebanyakan Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki kurikulum tetapi tidak diterapkan dengan baik, sehingga peneliti membahas bagaimana manajemen kurikulum yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah Direktur TKA-TPA-TQA, staf Tata Usaha, wali kelas TKA, wali kelas TPA, wali kelas TQA dan santri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta comparing dan contrasting. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi cara dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Manajemen kurikulum TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid Yogyakarta berupa: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Kedua, Upaya meningkatkan religious culture melalui: dimensi keyakinan melalui doktrin, dimensi praktik agama melalui buku monitorig, dimensi pengalaman melalui kegiatan di luar KBM, dimensi pengetahuan melalui kurikulum dan dimensi penghayatan dari santri itu sendiri. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi santri melalui sistem internal yaitu dari Ustadz/ah. Ketiga, faktor pendukung religious culture dan prestasi santri ialah dari wali santri dan warga sekitar, sedangkan faktor penghambat dari santri itu sendiri. xii Keempat, hasil dari manajemen kurikulum terdapat peningkatan religious culture santri dapat dilihat melalui: Pertama keyakinan, santri semakin yakin terhadap keenam rukun iman. Kedua praktik ibadah, santri tidak hanya melakukan ibadah wajib, sunnah pun sudah dilaksanakan. Ketiga pengalaman, jiwa tolong menolong, kerjasama dan saling menghorati semakin terlihat baik di TPA maupun lingkungan sekitar. Keempat pengetahuan, pengetahuan santri meningkat dari Fiqih, bahasa Arab, SKI dan sebagainya. Kelima pengamalan, santri khusyuk melaksanakan sholat tanpa diatur oleh Ustadz/ah. Sedangkan hasil dari prestasi santri setiap tahunnya meningkat dilihat dari prestasi akademik dan kemampuan membaca Iqro’ santri 47% dan kemampuan membaca Al-Qur’an 53% date: 2020-02-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUCI FAROHIBA KUSUMAWATI, Nim: 16490001 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIOUS CULTURE DAN PRESTASI SANTRI DI TPA ANWAR RASYID BACIRO GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39338/1/16490001_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39338/2/16490001_BAB%20II%20-%20BAB%20III.pdf