%A Mahmud Arif %T DIALEKTIKA MADRASAH DAN PESANTREN DI YOGYAKARTA Penguatan Peran Pendidikan Berbasis Pesantren An-Nur Bantul dan Ibnul Qoyyim Sleman [dalam Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam] %X Pendidikan (Islam) adalah bagian dari permasalahan publik yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Maka dari itu, semua orang merasa berhak membicarakan masalah pendidikan; mungkin ada orang yang cenderung ngrasani karena hanya semangat mengungkap kekurangan pendidikan; mungkin ada orang yang cenderung pesimistis karena hanya melihat sisi buram dan kemandulan pendidikan; dan mungkin ada orang yang cenderung kritis karena mengenali kekurangan pendidikan, bisa menguak akar permasalahannya, dan mengungkap tawaran solutifnya. Kecenderungan terakhirlah yang banyak mewarnai tulisan-tulisan dalam buku antologi ini. Pendek kata, tulisan-tulisan dalam buku antologi ini mengajak pembaca untuk mampu menganalisa, mengonstruksi, dan mengkritisi persoalan pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar Islam, agar diperoleh suatu pemahaman yang fungsional, argumen yang rasional, tawaran yang solutif, dan tindakan yang produktif. %P 1-21 %B ANTOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM %V 1 %D 2013 %C YOGYAKARTA %I PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib39354