%0 Thesis %9 Skripsi %A ADE SARWOKO, NIM. 15600021 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2020 %F digilib:39387 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Motivasi Belajar %P 345 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39387/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas VIII C dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, prescale-postscale motivasi belajar, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan uji-t untuk motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode talking stick lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. %Z Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si